Jalur KRL Manggarai Berubah Mulai Hari Ini, Cek Perubahannya

20 Desember 2023 18:12 WIB

Narasi TV

KRL Commuter Line tiba di Syasiun Manggarai, Jakarta. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengubah pintu masuk penumpang dan alur perjalanan KRL di Stasiun Manggarai mulai hari ini, Rabu (20/12/2023). 

Perubahan jalur KRL Manggarai dilakukan menyusul diterapkannya switch over (SO) ke-7. Penyesuaian ini berdampak bagi penumpang KRL jalur Commuter Line Cikarang. 

DIrjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengungkapkan tujuan diterapkannya SO-7 di Stasiun Manggarai adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna kereta di Stasiun Manggarai. 

Harapannya, pergerakan penumpang dan lalu lintas kereta di Stasiun Manggarai tidak bersinggungan. 

“Karena kami sesuaikan pergerakan kereta dengan orang tidak terjadi crossing di rel. Lalu, semua terlindungi pergerakannya,” kata Risal saat dijumpai di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/12). 

Risal memastikan perubahan skema SO-7 kali ini akan menjadi yang terakhir di Stasiun Manggarai. 

Perubahan jalur KRL Manggarai

Dengan perubahan tersebut, pengguna KRL Cikarang tujuan Tanah Abang atau Kampung Bandan yang tadinya berangkat dari peron antara jalur 6 dan 7 akan dialihkan ke peron antara jalur 1 dan 2. 

Sementara itu, pengguna KRL Cikarang tujuan Bekasi atau Cikarang yang awalnya berangkat dari peron jalur 8 akan pindah ke peron antara jalur 3 dan 4. 

Untuk pengguna Commuter Line feeder tujuan Angke atau Kampung Bandan, akan berpindah dari yang semula di peron jalur 6 dan 7 ke peron antara jalur 1 dan 4. 

Pengguna Commuter Line Bandara Soetta akan mengalami perubahan jalur, dari yang semula dilayani pada jalur 9 menjadi jalur 7 dan 8.

Perubahan jalur tidak dilakukan bagi pengguna Commuter Line tujuan Bogor, Depok, Nambo, atau Jakarta Kota yang tetap berada di peron jalur 9, 10, 11, dan 12. 

Dengan adanya perubahan ini, waktu tempuh dan antrean KRL juga akan berkurang secara signifikan. Hal ini dikarenakan perjalanan Commuter Line akan beroperasi dengan jalur ganda pada ruas jalur Manggarai-Jatinegara dari yang sebelumnya hanya jalur tunggal.

Selain itu, area perpindahan penumpang juga akan lebih luas dengan mulai dioperasikannya area concourse pada bangunan baru Stasiun Manggarai usai berlakunya SO-7. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR