Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, 2.188 Personel Polda Jawa Tengah Disiagakan

4 Desember 2022 07:07

Narasi TV

Penulis: Antara

Editor: Akbar Wijaya

Polda Jawa Tengah menyiagakan sebanyak 2.188 personelnya untuk persiapan pengamanan acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Surakarta, 11 Desember mendatang.
 
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi di Solo, Sabtu, mengatakan dirinya telah menggelar rapat analisis dan evaluasi bersama Wakapolda, Kapolresta Surakarta dan Kapolres di Soloraya terkait pengamanan tamu.
 
"Jadi untuk Soloraya memang melakukan kegiatan preentif prefentif menjelang pelaksanaan pernikahan Kaesang- Erina. Aparat keamanan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Soloraya mulai dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri," kata Luthfi dikutip Antara, Sabtu (3/12/2022).
 
Luthfi mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) berupa perencanaan jalur mulai dari kedatangan tamu,  penginapan di hotel, kemudian pergerakan tamu sampai di tempat resepsi Pura Mangkunegaran.
 
"Termasuk pola-pola pengamanan beberapa jalur nanti akan dijadikan objek one gate system atau sistem pengamanan yang hanya memiliki satu pintu utama. Jadi tidak ada wilayah Pura Mangkunegaran yang sebagai ring satu ada jalur yang kroscek," kata Kapolda.
 
Kata Kapolda pada H-5 resepsi atau Senin (5/12), pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait pengalihan arus yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah Solo.
 
"Dirlantas Polda Jateng dan Kapolres akan melakukan sosialisasi. Pada prinsipnya jajaran Polresta Surakarta yang di-back up oleh Polda Jateng sudah disiapkan termasuk rencana kontingensi seperti dari keterlibatan personel, ploting anggota, pengalihan arus dan tempat parkir sudah disiapkan," kata Kapolda.
Jumlah tamu yang hadir diperkirakan sebanyak 6.000 orang termasuk dari bandara dan yang sudah di hotel. Sesuai kebijakan hasil rapat ada tamu yang disiapkan dengan bus di masing-maisng penginapan.
 
Ada tamu yang dibawa langsung masuk ke Mangkunegaran dan yang disiapkan parkir di Benteng Vastemburg dan Stadion Manahan, kemudian dibawa dengan bus ke Pura Mangkunegaran jumlah bus yang disiapkan sekitar 220 unit untuk mengantar para tamu ke Mangkunegaran.
 
Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan personel yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan berasal dari seluruh satuan kepolisian di Jajaran Polda Jawa Tengah.
 
"2188 personel itu, akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab Jalan Slamet Riyadi serta Pura Mangkunegaran," kata Kabidhumas.
 
Sementara itu, untuk posko kegiatan, kata dia, Polda Jateng menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta. Kesemua posko dilengkapi alat komunikasi canggih termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulance.
 
"Secara umum, Polri khususnya Polda Jateng sudah menyiapkan personil dan sarana untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan, pada pelaksanaannya nanti kami akan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat termasuk dengan Pemkot Surakarta dan unsur TNI," katanya.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya