Jokowi Soal Pemimpin Berani dan Bernyali: Saya Lihat Pak Ganjar Punya

6 Jun 2023 18:06 WIB

thumbnail-article

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Bakal Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) disaksikan Bendahara Umum PDI Perjuangan Olly Dondokambey (tengah) sebelum berlangsungnya Rakernas PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (6/6/2023). Rakernas PDI Perjuangan yang berlangsung 6-8 Juni 2023 itu mengangkat tema fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menilai bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memiliki keberanian dan nyali yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin ke depan.
 
Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan yang digelar di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).
 
"Kalau pemimpin ke depan, seperti Pak Ganjar Pranowo yang paling penting itu memang nyali itu nomor satu. Berani itu nomor satu, berani dan punya nyali dan saya lihat Pak Ganjar punya," kata Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya pada Rakernas III PDI Perjuangan, Jokowi menyampaikan mengenai tantangan yang dihadapi Indonesia, terutama kesulitan global, seperti krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan akibat perang Rusia dan Ukraina.
 
Oleh sebab itu, Jokowi berharap PDI Perjuangan dapat mendesain perencanaan besar jika para kader berkesempatan mengelola negara.
 
"PDI Perjuangan bisa mendesain sebuah rencana besar pada nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola Negara ini sehingga bayangan-bayangan yang tadi saya sampaikan paling tidak bisa dipersiapkan perencanaannya lebih dalam," kata Presiden.

Bukan ke Prabowo?

Kriteria pemimpin yang berani sempat disampaikan Jokowi di acara puncak musyawarah rakyat (Musra). Di hadapa ribuan relawan pendukungnya Joowi menyebut sebagai bangsa yang besar, Indonesia butuh pemimpin yang tepat.

Dia mengatakan kriteria sosok yang tepat itu salah satunya memiliki keberanian.

"Yang paham hati rakyat, yang tahu kebutuhan rakyat, yang mau bekerja keras untuk rakyat. Itu yang dibutuhkan. Dan pemberani yang berani, pemberani demi rakyat," ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER