Apakah Jumat Agung 2024 Libur? Cek Jawabannya serta Pemaknaan Jumat Agung di Sini

28 Mar 2024 12:03 WIB

thumbnail-article

Umat Kristiani melaksanakan ibadah Jumat Agung di Gereja Katolik Kristus Raja di Surabaya, Jawa Timur, Pada 2021 lalu. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Setelah melakukan rangkaian puasa selama 40 hari, umat Kristiani sebentar lagi akan melangsungkan ibadah Jumat Agung. Tahun ini, Jumat Agung jatuh pada 29 Maret 2024. Lantas, apakah Jumat Agung 2024 libur?

Jawabannya betul. Dalam kalender, peringatan Jumat Agung diberi nama “Wafat Yesus Kristus”. Ini adalah hari penting bagi umat Kristiani sehingga ditetapkan sebagai hari libur nasional. 

Penetapannya sesuai dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024.

Ada tiga hari suci umat Kristiani yang dikenal dengan Tri Hari Suci Paskah. Hari tersebut meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci. Kemudian pada Minggu Paskah, umat Kristiani akan merayakan Kebangkitan Yesus Kristus.

Dalam SKB 3 Menteri, perayaan Kamis Putih tidak dihitung libur. Libur hanya diberikan untuk Jumat Agung dan Minggu Paskah saja.

Apa itu Jumat Agung?

Jumat Agung termasuk rangkaian peringatan Paskah untuk mengenang wafatnya Yesus Kristus. Ia ditangkap setelah melakukan perjamuan terakhir dengan murid-murid-Nya. Ia pun diadili di hadapan Pengadilan Pontius Pilatus. Dari situ, Yesus dihukum mati dengan cara disalibkan.

Dalam 1 Petrus 2:24 berbunyi, “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh”.

Sambil menggendong kayu salib, Yesus berjalan menuju Bukit Golgota. Sepanjang perjalanan, Ia mengalami kesengsaraan dan melihat murid-murid yang menyangkal-Nya. Ia dihina, diejek, dan ditombak tepat di lambung.

Umat Kristiani percaya, Yesus akan bangkit pada hari ketiga. Hal ini tertulis dalam Markus 10:34 yang berbunyi, “dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit”.

 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER