Kado Ulang Tahun PSSI dari Timnas Indonesia U-23

22 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Arsip foto - Pesepakbola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kanan) berselebrasi bersama Pratama Arhan (kiri) usai berhasil mencetak gol ke gawang Chinese Taipei pada pertandingan grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada 2023 lalu. Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Yordania U-23 dalam pertandingan ketiga babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 tahun 2024 di Qatar.

Skuat anak asuh Shin Tae-yong membantai habis lawannya dengan skor telak 4-1, dengan demikian Marselino Ferdinan dkk. berhak melaju ke babak 8 besar Piala Asia U-23.

Empat gol yang dijaringkan ke gawang Yordania U-23 dicetak oleh Witan Sulaiman, Komang Teguh, dan 2 gol lainnya dicetak Marselino Ferdinan.

Sementara 1 gol Yordania tercipta karena kesalahan antisipasi Justin Hubner saat menghalau tembakan lawan yang berujung bola berbelok arah dan berbuah gol.

Kado manis di ulang tahun PSSI

Catatan sejarah atas lolosnya Indonesia U-23 bukan hanya sekedar capaian luar biasa, melainkan juga menjadi kado manis di ulang tahun PSSI yang ke-94 tahun.

PSSI merayakan hari jadi yang ke-94 tahun tepat 2 hari sebelum pertandingan penentu lolos atau tidaknya Timnas Indonesia U-23 ke babak berikutnya melawan Yordania, mengingat skuat Garuda Muda sempat menelan kekalahan pada pertandingan pertama melawan tuan rumah Qatar.

Namun, dengan penampilannya yang penuh semangat juang, Witan Sulaiman dkk. berhasil mengamankan 3 poin dan lolos ke babak 8 besar Grup A dengan status sebagai runner-up, selisih 1 poin dari Qatar yang bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Australia pada pertandingan terakhir.

Perpanjang kontrak Shin Tae-yong?

Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 tahun 2024 bukan hanya menjadi kado ulang tahun PSSI, melainkan juga menjadi tanda positif bagi masa depan Shin Tae-yong bersama tim Merah Putih.

Atas keberhasilan tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu dapat dipastikan akan tetap menjadi karateker Timnas Indonesia, mengingat beberapa target yang dipasang oleh PSSI berhasil dicapai oleh Shin Tae-yong.

Hanya saja, bagi coach Shin sendiri, ia menargetkan skuat Garuda Muda lolos hingga babak 4 besar Piala Asia U-23 dan membawa Timnas Indonesia berlaga pada Olimpiade Paris 2024.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR