Kantor Kereta Cepat Halim Perdanakusuma Terbakar

11 September 2023 14:09 WIB

Narasi TV

Kondisi Kantor Kereta Cepat Indonesia Coba (KCIC) yang terbakar di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin dini hari (10/9/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Kebakaran melanda Kantor PT Kereta Cepat Indonesia Coba (KCIC) di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (11/9/2023) dini hari.

Sejumlah 5 mobil pemadam dan 16 personel dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. 

Saat ini, api telah berhasil dipadamkan dan stasiun telah berada dalam kondisi aman. 

“PT KCIC bersama pihak WIKA sebagai kontraktor telah memastikan bahwa saat ini Stasiun Halim dalam kondisi aman, bagian dalam bangunan stasiun dipastikan dalam kondisi baik dan seluruh fungsi dapat berjalan normal,” kata GM Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa kepada wartawan pada Senin (9/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Percikan api pada atap Kantor KCIC dilaporkan terlihat pada pukul 00.30 WIB pagi. 

Eva menyebut kebakaran hanya berupa percikan api pada bagian atap peron sisi timur pada bagian lapisan proteksi atap dari bangunan tersebut. 

“Percikan api yang terlihat pukul 00.30 WIB tersebut telah dipadamkan oleh petugas Damkar dan pagi ini seluruh kondisi Stasiun Halim dipastikan dalam kondisi aman,” ujar Eva.

Eva juga mengklaim tak ada perambatan api dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hal ini karena kontur bangunan yang telah dibangun dengan bahan baku tahan api. 

Penyebab kebakaran belum jelas

Belum diketahui penyebab pasti dari kebakaran pada bangunan Kantor KCIC. Eva menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan WIKA selaku pihak kontraktor di lokasi.

“Penyebab kejadian masih dalam proses investigasi,” ungkap Eva. 

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman mengatakan hingga pagi ini, petugas masih melakukan pengecekan terkait objek mana yang terbakar.

“Yang terbakar itu lapisan pelindung atap dengan panjang sekitar 20 meter. Sekarang masih pengecekan. Unit masih standby di lokasi,” kata Gatot. 

Sementara itu, tak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran ini. 

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. KCIC juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung,” ungkapnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR