Karyawan Meta Wajib WFO 3 Hari Dalam Seminggu Agar Kinerjanya Lebih Baik

7 September 2023 09:09 WIB

Narasi TV

Logo Meta. Sumber: The Economic Times.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Karyawan Meta wajib work from office (WFO) selama tiga hari dalam sepekan. Kebijakan ini berlaku mulai 5 September 2023. Menurut Juru Bicara Meta, aturan ini tidak memengaruhi daftar pekerjaan untuk pekerja jarak jauh.

Kebijakan WFO ini tertuang dalam Return to Office (RTO), aturan terbaru Meta. Sebelumnya, karyawan sudah diinformasikan terkait kebijakan WFO sejak bulan Juni 2023 lalu. Namun, kebijakan memang baru diterapkan pada awal September.

Meta Head of Human Resources, Lori Goler mengirimkan email berisi penugasan bagi karyawan yang diminta bekerja di kantor. Mereka mengambil bagian untuk WFO selama tiga hari dalam seminggu. Tetapi ini tidak berlaku bagi staf yang sudah disetujui untuk bekerja secara penuh dari jarak jauh.

“Konsistensi adalah kunci bagi tim untuk mengoptimalkan cara mereka bekerja sama, jadi kami juga membangun lebih banyak struktur dan pedoman yang jelas seputar pekerja jarak jauh yang mengunjungi kantor,”tulis Lori melalui emailnya, dilansir dari Business Insider.

Bagi karyawan yang tidak memenuhi persyaratan atau melakukan pelanggaran, maka akan dikenai sanksi berupa tindakan disipliner, penurunan peringkat, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Upaya efisiensi Meta

Selama tahun pandemi COVID-19, CEO Meta Mark Zuckerberg sudah memberlakukan kebijakan kerja jarak jauh untuk seluruh karyawan tetapnya.

Kebijakan WFO ini adalah hasil dari analisis internal yang dilakukan oleh Meta. Perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini menyebut bahwa pekerja yang bekerja secara langsung dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Menurut analisisnya, para pekerja yang bergabung dengan Meta secara langsung dan dipindahkan untuk bekerja jarak jauh atau tetap secara langsung memiliki kinerja yang lebih baik.

“Analisis ini juga menunjukkan bahwa para pekerja di awal karier mereka rata-rata berkinerja lebih baik ketika mereka bekerja secara langsung dengan rekan satu tim setidaknya tiga hari seminggu,”tulis Mark Zuckerberg dalam postingan blognya di bulan Maret 2023.

Banyak raksasa teknologi seperti Amazon dan induk Google Alfabet yang kembali meminta stafnya untuk WFO selama tiga hari dalam seminggu. Jika melanggar, maka para staf akan diberi sanksi.

Selain itu, kebijakan WFO juga menjadi bagian dari “tahun efisiensi” Meta. Sesuai arahan Mark Zuckerberg, tahun efisiensi ini bertujuan untuk mengurangi biaya dan merampingkan operasi perusahaan. Salah satu upaya pemangkasannya adalah seperempat atau 21.000 karyawannya dari Facebook dan Instagram telah dirumahkan.

Bagi pekerja jarak jauh disarankan untuk membatasi kunjungan ke kantor. Mereka tidak boleh berkunjung lebih dari empat hari setiap dua bulan kecuali alasan bisnis yang mendesak.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR