8 Kelebihan serta Kekurangan iPhone Refurbished

7 Dec 2023 22:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi iPhone refurbished. (Sumber: Pexels/Jess Bailey Designs)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Jika Anda menginginkan iPhone dengan harga yang terjangkau, pertimbangkanlah untuk membeli produk iPhone refurbished.

Apa itu iPhone refurbished? iPhone refurbished adalah perangkat iPhone bekas pakai yang telah diperbaiki dan dijual kembali oleh Apple.

Namun, sebelum Anda khawatir tentang kualitasnya, ketahuilah bahwa setiap unit iPhone refurbished melalui pengujian menyeluruh dan diperbaiki oleh Apple untuk memastikan kualitasnya sebelum dijual kembali.

Ciri-ciri iPhone refurbished

iPhone refurbished dilengkapi dengan kardus berwarna putih berlogo Apple yang bertuliskan “Apple Certified Pre-Owned”.

Nantinya, perangkat iPhone akan disertai dengan nomor serial baru dan nomor keterangan bagian-bagian yang telah mengalami proses refurbished.

Terdapat tiga grade iPhone refurbished sebagai berikut: 

  • Grade A: Kualitas paling baik tanpa cacat fisik yang jelas.
  • Grade B: Memiliki cacat fisik ringan, seperti cat yang mengelupas atau goresan halus.
  • Grade C: Kondisi paling buruk dengan cacat fisik berat, menunjukkan tanda penggunaan yang kurang terawat.

Kelebihan iPhone refurbished

Meskipun bekas pakai, iPhone refurbished memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Harga lebih murah: iPhone refurbished menawarkan opsi untuk memiliki iPhone dengan harga lebih terjangkau, ideal untuk yang memiliki anggaran terbatas.
  • Originalitas terjamin: Produk ini dijual secara resmi oleh Apple, sehingga keaslian dan kualitasnya terjamin. Anda tidak perlu khawatir tentang barang palsu.
  • Garansi resmi 1 tahun: Seperti iPhone baru, iPhone refurbished juga dilengkapi dengan garansi resmi Apple selama 1 tahun. Klaim garansi dapat dilakukan secara internasional.
  • Aksesori baru: Meskipun ponsel bekas, semua aksesori yang menyertai iPhone refurbished, seperti earphone, charger, dan kabel USB adalah baru.
  • Harga jual kembali tinggi: Nilai iPhone tetap tinggi, sehingga jika suatu saat ingin menjual kembali, harganya cenderung tinggi.

Kekurangan iPhone refurbished

Meskipun memiliki kelebihan di atas, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli iPhone refurbished sebagai berikut:

  • Versi lawas: iPhone refurbished umumnya hanya tersedia untuk versi lawas, seperti dua generasi sebelumnya. Pilihan produk terbatas.
  • Stock langka: Ketersediaan iPhone refurbished sangat langka karena tingginya minat. Produk seringkali habis cepat setelah tersedia.
  • Harus pintar memilih: Meskipun telah melalui pemeriksaan dan perbaikan, Anda harus cermat memilih kondisi iPhone refurbished saat pembelian.

Dengan memahami ciri-ciri, kelebihan, dan kekurangan iPhone refurbished, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijak sebelum membeli. Ini adalah pilihan yang menarik untuk mendapatkan iPhone dengan kualitas terjamin tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER