Komisaris BUMN Inisiasi Acara Relawan Jokowi, Pengamat: Aturannya Tidak Boleh Tapi Akan Dianggap Sah-Sah Saja

29 November 2022 02:57

Narasi TV

Agus Pambagio/ Antara

Penulis: Rahma Arifa

Editor: Akbar Wijaya

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengkritisi keterlibatan komisaris PLN dan anak Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai inisiator acara relawan Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Agus, komisaris BUMN tidak semestinya terang-terangan menunjukkan keberpihakan politik secara terbuka.

“Ini urusan politik. Ya anda kalau mau berpartisipasi tidak boleh kelihatan. Karena sebagai pejabat publik ya seharusnya tidak ikut-ikut seperti itu,” katanya.

Berdasarkan aturan, Agus mengatakan pejabat BUMN yang terlibat politik praktis bisa dikenai sanksi. Namun hal ini sepertinya sukar diwujudkan karena sudah dianggap menjadi kelaziman.

“Karena sistem politiknya seperti itu jadi akan dianggap sah-sah aja. Situasi perpolitikan sekarang kan seperti itu, relawan dan sebagainya, itu menjadi bagian dari presiden. Walaupun begitu, aturannya kan tetap tidak boleh,” katanya.

Agus menyoroti sepak terjang para relawan Jokowi selama ini.

Menurutnya relawan seharusnya sudah tidak ada begitu masa kampanye selesai. Namun, karena tidak semua relawan punya karir atau pekerjaan, makanya mereka terus berusaha eksis demi mendapat imbalan.

“Tapi kan ada relawan dan tidak sedikit relawan yang memang tidak punya kerjaan atau kerjaannya asal, serabutan. Lalu jadi relawan, merasa berbakti, berjasa membantu kemenangan presiden, dan tentu minta imbal baliknya,” katanya.

Bahkan, kata Agus, beberapa relawan ada yang melakukan berbagai cara demi mendapatkan posisi penting di BUMN.

"Meski tidak secara langsung, tapi taulah gaya-gayanya. Menekan, mengkritik, sehingga nanti jadi relawan yang lalu dipekerjaan sebagai komisaris, sebagai komite, sebagai komisaris anak perusahaan BUMN, dan seterusnya," kata Agus.

"Relawan itu adalah organisasi tanpa bentuk dan tentu mereka tidak gratis. ‘Ya gue udah bantuin abis abisan, sekarang apa dong yang gue dapet?" sindir Agus.

PDI Perjuangan Akan Cecar Erick Thohir

Informasi dua komisaris BUMN menjadi inisiator acara relawan Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno datang dari politikus PDI Perjuangan di Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus.

Ia mengatakan akan mempersoalkan masalah ini langsung kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya akan mempertanyakan hal ini dalam rapat resmi di Komisi 6 DPR RI, tidak boleh dibiarkan” kata Deddy dalam pesan kepada wartawan, Ahad (28/11/2022).

Deddy meminta para relawan tidak menjebak Jokowi dengan melakukan manuver hingga merugikan kewibawaan Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia.

"Karena itulah saya minta jangan menjebak Pak Jokowi. Beliau (Jokowi) presiden RI dan bukan presiden relawan. Jangan demi ambisi, kekuasaan, dan materi, para relawan melakukan manuver-manuver yang di luar ruang lingkupnya, sehingga malah merugikan kewibawaan Pak Jokowi," kata Deddy.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya