Komnas HAM Sebut Brigadir J Masih Hidup Saat Tiba di Duren Tiga, Ferdy Sambo Juga Ada

27 Jul 2022 21:07 WIB

thumbnail-article

null

Penulis:

Editor: Akbar Wijaya

Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat masih hidup saat tiba di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022). Hal ini disampaikan anggota Komnas HAM Mohammad Choirul Anam berdasarkan 20 video yang diperlihatkan tim khusus Mabes Polri.

"Kami diperlihatkan 20 video dari Magelang sampai area Duren Tiga, bahkan sampai Rumah Sakit Kramat Jati," kata anggota Komnas HAM Mohammad Choirul Anam dikutip Antara di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Sambo Juga Ada di Lokasi

Anam mengatakan informasi penting dalam video itu adalah Irjen Polisi Ferdy Sambo juga ada di rumah Duren Tiga. Ia bahkan masuk ke dalam rumah lebih dahulu sebelum Putri Chandrawati yang merupakan istrinya dan Brigadir J tiba dari Magelang.

"Di situ terlihat ada Ibu Putri, ada Brigadir Yoshua, dia masih hidup sampai di Duren Tiga. Rombongan lainnya dalam kondisi hidup dan sehat," ujar Anam.

Rombongan yang baru ini selanjutnya melakukan tes PCR bersama-sama. "Siapa yang kelihatan di video di-PCR? Semua yang rombongan itu di-PCR, salah satunya adalah almarhum Yosua," ujar Anam.

Anam memastikan lokasi tempat rombongan melakukan PCR tidak di rumah dinas yang menjadi tempat kejadian perkara, melainkan rumah pribadi Sambo yang letaknya tidak berjauhan dari sana.

"Bukan, bukan, TKP," kata Anam

Informasi ini agak berbeda dengan keterangan awal polisi yang mengesankan Brigadir J dan Istri Sambo langsung ke rumah dinas tempat kejadian perkara begitu tiba dari Magelang.

Anam menambahkan 20 video yang diperlihatkan Tim Siber Polri dan Labfor Polri kepada Komnas HAM tersebut tersebar di 27 titik, mulai dari Magelang, Duren Tiga, hingga Rumah Sakit Kramat Jati.

Khusus video dari Magelang sampai Duren Tiga, salah satu hal penting yang dilihat oleh Komnas HAM ialah soal Brigadir J masih hidup.

Selain diperlihatkan soal video, tim dari Komnas HAM juga ditunjukkan soal monitoring keberadaan atau jejaring komunikasi yang terdapat di area Duren Tiga dan Magelang.

Bahan yang diberikan kepada Komnas HAM tersebut akan kembali dipelajari. Hal ini guna memastikan dan mengusut tuntas kematian Brigadir J.

Terkait dengan permintaan keterangan siber dan digital forensik, kata Anam, akan kembali dilanjutkan Komnas HAM pekan depan. Hal ini mengingat ada beberapa penggalian informasi yang membutuhkan dukungan teknologi.

"Tinggal sekitar 20 persen lagi yang kami butuhkan untuk perkuat terangnya peristiwa," ujarnya.

Ralat:

Artikel ini mengalami perubahan judul dari "Komnas HAM Sebut Brigadir J Masih Hidup Saat Tiba di Duren Tiga, Ferdy Sambo Juga Ada di TKP" menjadi "Komnas HAM Sebut Brigadir J Masih Hidup Saat Tiba di Duren Tiga, Ferdy Sambo Juga Ada".

Kami juga memberikan penambahan kalimat di artikel bahwa rumah yang dimaksud Komnas HAM bukanlah rumah dinas yang menjadi tempat kejadian perkara.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER