Lagi Viral, Ini Arti Atapu yang Banyak Dipakai oleh Pengguna Media Sosial

23 Dec 2022 12:12 WIB

thumbnail-article

Trend kata 'atapu' di TikTok.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat, berkembang pula istilah yang unik dan jarang didengar. Salah satu istilah gaul tersebut adalah kata ‘atapu’ yang kini ramai dipakai dan diperbincangkan oleh pengguna media sosial.

Lantas apa itu atapu? Bagaimana atapu bisa viral dan banyak dipakai? Berikut adalah pembahasan mengenai kata atapu secara rinci.

Pada dasarnya, kata ‘atapu’  bukanlah suatu singkatan atau akronim dari satu kata tunggal yang memiliki arti. Maka tak heran bila banyak orang yang tidak mengetahui kata gaul yang satu ini. 

Kata ‘atapu’ pertama kali muncul dalam sebuah video singkat dari platform media sosial TikTok, yang menampilkan percakapan antara seorang ayah dengan anaknya yang masih balita.

Dalam video singkat tersebut, sang Ayah tampak mengajari anaknya untuk berbicara secara perlahan dengan berbagai kata, salah satunya adalah kata ‘I love you’, namun karena sang Anak masih tergolong balita sehingga kemampuan kosa kata dan pengucapannya juga belum cukup fasih atau jelas.

Maka, ketika sang Anak menirukan kata tersebut, yang terdengar bukanlah kata ‘I love you’ namun kata atapu. Dari sinilah diketahui bahwa kata ‘atapu’ berarti ‘I love you.’

Lantaran interaksi yang menggemaskan antara ayah dan anak tersebut, video singkat yang ada menjadi viral di media sosial. Hingga akhirnya kata atapu banyak digunakan oleh pengguna media sosial, bahkan tak jarang banyak yang menggunakan kata ‘atapu’ dalam percakapan singkat mereka. 

Selain dianggap kekinian, menggunakan kata ‘atapu’ juga menjadikan nuansa percakapan seakan menjadi lebih imut dan menggemaskan. Hal tersebut karena anggapan atau mindset ‘atapu’ yang datang dari seorang anak balita.

Lebih lanjut, selain kata ‘atapu’ ternyata banyak bahasa gaul lain yang kerap dipakai oleh pengguna media sosial. Kata gaul tersebut di antaranya adalah, ‘mlyt’ dari kata meleyot, sebuah ungkapan ketika melihat atau membaca sesuatu yang lucu atau romantis. Kemudian ‘ygy’ untuk ‘ya ges ya’ sebuah ujaran yang memiliki makna persetujuan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER