“Seven” Debut di Puncak Billboard Hot 100, Jungkook BTS Jadi Solois Asia Pertama yang Sabet Tiga Billboard

25 Juli 2023 14:07 WIB

Narasi TV

Jungkook dalam music video lagu terbarunya "Seven." Sumber: Soompi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Lagu Jungkook BTS berjudul “Seven” berhasil debut di puncak Billboard Hot 100 pada Senin (24/7/2023). Selain itu, lagu solo Jungkook juga debut di Billboard Global 200 dan Billboard Global Exclude US. 

Ini adalah pencapaian bagi Jungkook. Pasalnya, ia menjadi solois Asia pertama yang menyabet tiga puncak tangga lagu Billboard secara bersamaan. Sebelumnya, lagu solo Jimin BTS yang berjudul “Like Crazy” juga pernah masuk dalam Billboard 100.

Menurut laporan Billboard, “Seven” memperoleh 21,9 juta streaming, 6,4 juta pemutaran, serta 153 ribu penjualan digital dan CD sejak rilis perdananya pada 14 Juli 2023. 

Tak heran, pada awal perilisannya pun lagu “Seven” sudah debut di posisi pertama Top Songs Global Spotify yang diputar lebih dari 37 juta kali di Spotify. Selain itu, “Seven” juga menduduki puncak tangga lagu iTunes di 106 negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, lagu solo Jungkook menduduki posisi dua di Daily Top Songs Indonesia di Spotify pada awal perilisannya tanggal 14 Juli 2023.

Tentang lagu Jungkook “Seven”

Lagu “Seven” menjadi proyek perdana Jungkook untuk berkarier solo. Ia menggandeng rapper Latto untuk kolaborasi dengan mengisi rap pada lagunya. Jungkook menyampaikan bahwa kolaborasi tersebut sesuai dengan konsep “Seven” yang dibayangkan sebelumnya.

“Kami mengajaknya dan dia dengan senang hati bersedia kerja sama untuk “Seven”. Saya sendiri menyukai rap-nya dan saya rasa suaranya membuat lagu ini lebih hidup,” ujar Jungkook pada Variety.

Proyek solo Jungkook ini mendapat apresiasi dan dukungan dari member BTS yang lain dan juga fansnya, ARMY. Apalagi ketika mengetahui bahwa Jungkook juga menggandeng Han So Hee sebagai model dalam music video (MV) “Seven”. Menurut ARMY, kolaborasi Jungkook dan Han So Hee ini menjadi “ledakan visual” dalam MV-nya.

Lagu “Seven” bercerita tentang kisah cinta Jungkook selama tujuh hari. Ia berusaha mendekati Han So Hee dengan berbagai cara. Sayangnya, Han So Hee selalu berusaha menjauhi Jungkook. Bahkan Jungkook rela berpura-pura mati agar bisa dekat dengan Han So Hee.


Lagu tersebut memadukan UK garage rhythm dengan suara gitar akustik dengan lirik berbahasa Inggris. Menurut BigHit Music, agensi yang menaungi BTS, lagu Jungkook ini adalah lagu musim panas dengan melodi cepat dan mampu membuat pendengarnya ketagihan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR