Lebih Baik Sholat Tarawih di Rumah atau di Masjid? Begini Penjelasannya

13 Mar 2024 20:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi salat Tarawih berjamaah. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Salah satu ibadah yang hanya ada di malam Ramadan adalah salat Tarawih, selama ini banyak dari kita menanyakan mana yang lebih baik, salat Tarawih di rumah atau di masjid?

Pelaksanaan salat Tarawih sendiri dilakukan setelah melakukan salat Isya dan sebelum salat Witir. 

Salat Tarawih memiliki keutamaan yang luar biasa. Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. menjelaskan hal tersebut dengan bersabda:

( مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ  ( متفق عليه

Artinya: “Barang siapa melakukan salat (Tarawih) pada Ramadan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih)

Sementara itu, hukum salat Tarawih secara berjamaah adalah sunah kifayah. Karena itu salat Tarawih juga bisa dilakukan sendiri.

Mengenai hukum pelaksanaan salat Tarawih ini, Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam Kifayatul Akhyar menjelaskan sebagai berikut.

 وَأما صَلَاة التَّرَاوِيح فَلَا شكّ فِي سنيتها وانعقد الْإِجْمَاع على ذَلِك قَالَه غير وَاحِد وَلَا عِبْرَة بشواذ الْأَقْوَال  

Artinya, “Adapun salat Tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang.”

Lantas, bagaimana dengan pahala melakukan salat Tarawih di rumah dan di masjid, mana yang lebih baik?

Lebih baik salat Tarawih di rumah atau di masjid?

Mengutip dari laman NU Online, terdapat beberapa perbedaan di antara para ulama tentang bagaimana cara pelaksanaan salat Tarawih.

Menurut Imam al-Syafi’i, Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad bin Hanbal, dan jumhur ulama Syafi’iyyah serta sebagian pengikut Imam Malik, salat Tarawih lebih utama dilakukan secara berjamaah.

Alasannya adalah mengikuti Umar bin Khattab ra., sebagaimana dijelaskan dalam hadis-hadis yang sudah diriwayatkan terdahulu.

Alasan kedua, salat Tarawih berjamaah di masjid adalah bentuk pelaksanaan amalan para sahabat Nabi Muhammad saw. 

Alasan ketiga adalah melestarikan amalan kaum muslimin serta turut menyebarkan Islam,  sebagaimana halnya pelaksanaan salat Idulfitri dan Iduladha.

Sementara, Habib Husen Jafar dalam ceramahnya memaparkan bahwa pelaksanaan salat Tarawih di rumah atau di masjid tergantung dari kondisi masing masing.

"Untuk salat sunah begitu juga bagi laki-laki sebaiknya dilakukan di masjid, tapi bagi perempuan sebaiknya di rumah. Termasuk di dalamnya adalah salat Tarawih," ujar Habib Ja'far dalam acara “detikKultum” edisi 13 Maret 2024.

Alumni Filsafat UIN Syarif Hidayatullah tersebut juga menjelaskan bahwa salat Tarawih lebih baik dikerjakan secara berjamaah di masjid karena termasuk salat sunah yang dianjurkan untuk berjamaah, seperti halnya salat Id.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER