5 Love Language Test Online, Kenali Bahasa Cinta Diri dan Pasangan

15 Jan 2023 13:01 WIB

thumbnail-article

Salah satu bentuk bahasa cinta, yakni melalui sentuhan fisik. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Akhir-akhir ini love language test banyak dibicarakan di media sosial. Hal ini bertujuan untuk lebih mengenali diri tentang bahasa cinta pada dirinya atau pasangan.

Kuis ini biasanya bertujuan untuk menentukan preferensi diri sendiri dan orang yang dicintai sehingga akan mengidentifikasi akar konflik dalam hubungan. Berikut adalah jenis love language yang bisa kamu simak penjelasannya sebelum melakukan love language test.

Jenis-jenis Love Language

Mengutip buku karya Gary Chapman dengan judul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate, manusia memiliki lima jenis bahasa cinta saat mengekspresikan kasih sayangnya. Berikut lima jenis bahasa cinta menurut Gary Chapman:

  • Tindakan pelayanan (acts of service)

Seseorang dengan love language ini biasanya akan lebih menghargai ketika seseorang atau pasangannya membantu atau mengerjakan sesuatu untuknya. Ia lebih mementingkan tindakan atau perlakuan dari pasangan dibanding kata-kata. Contohnya membantu tugas rumah, membuat pasangan, dan masih banyak lagi

  • Kata-kata penegasan (words of affirmation)

Berbeda dengan bahasa cinta sebelumnya, words of affirmation cenderung menyukai kata-kata cinta dari pasangan. Ia akan sangat bahagia jika pasangannya dapat mengapresiasi dan memujinya.

  • Waktu yang berkualitas (quality time)

Seseorang dengan love language ini lebih mementingkan perhatian penuh dan tak terbagi daripada kata-kata cinta. Ia akan cenderung lebih bahagia bila jika bisa menghabiskan waktu bersama pasangan daripada mendapatkan hadiah atau ungkapan kasih sayang.

  • Menerima hadiah (receiving gifts)

Bahasa cinta satu ini harus memiliki wujud karena ia akan cenderung merasa dicintai dan dihargai saat menerima hadiah. Namun sayangnya masih banyak orang yang beranggapan bahwa receiving gifts adalah bentuk sikap matre. Tapi percayalah bahwa yang mereka butuhkan hanya pemberian yang tulus tanpa embel-embel hadiah mewah.

  • Sentuhan fisik (physical touch)

Bagi seseorang dengan love language satu ini seringkali disangkutpautkan dengan aktivitas seksual tapi tidak semuanya seperti itu kontak fisik dalam konteks physical touch bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana seperti pelukan, tepukan di punggung atau kepala, berpegangan tangan, dan sentuhan penuh perhatian lainnya.

Lima situs tes love language online

Untuk mengenali bahasa cintamu, berikut adalah situs yang bisa kamu gunakan untuk love language test, di antaranya:

1. 5languanges

Pertama ada 5languanges.com. Situs ini merupakan laman situs yang dikembangkan untuk mengetahui love language masing-masing orang. Terdapat 31 pertanyaan yang masing-masingnya terdiri dari dua opsi pilihan.

Secara garis besar akan menanyakan kamu lebih dicintai jika pasanganmu bertindak seperti apa, dan pertanyaan sejenisnya seperti kamu merasa lebih spesial ketika pasanganmu melakukan hal apa?

Dari hasil test tersebut akan memunculkan persentase preferensi karakter percintaan kamu dalam beberapa kategori dan juga terdapat penjelasan pada setiap kategori.

2. Truity

Truity sudah ada sejak 2012 mereka mengembangkan penelitian bahasa cinta dan menemukan tujuh jenis bahasa cinta versi mereka sendiri dan tidak memakai teori lima jenis bahasa cinta dari Dr. Gary Chapman seperti situs sebelumnya.

Di situs Truity kamu akan mendapatkan 31 pertanyaan salah satunya menyuruh untuk menyusun sikap atau perilaku mulai dari yang paling kamu sukai hingga yang tidak disukai.

Selain untuk love language test, situs Truity juga bisa kamu gunakanan untuk mengikuti beberapa tes seperti Enneagram (9 tipe kepribadian), Typefinder (16 tipe kepribadian), Penilaian Lima Besar atau Big Five Assessment, Profiler Karier dan Tes DISC Tempat Kerja.

Untuk mengakses situs ini, dapat mengeklik tautan ini.

3. IDRLabs.com

Pada situs ketiga ini, tes love language akan dilakukan dengan menjawab 35 pertanyaan.

Nantinya responden dapat menjawab dengan memilih opsi setuju atau tidak setuju pada pernyataan yang akan diberikan.

Situs IDRLabs dapat diakses dengan mengeklik tautan ini.

4. Lovelanguagetest

Pada situs keempat ini, peserta tes akan mendapatkan 30 pertanyaan yang perlu dijawab sebelum mendapatkan jawaban mengenai bahasa kasih sayang yang dimiliki.

Nantinya, peserta dapat memilih salah satu dari dua pilihan yang dirasa paling tepat menggambarkan diri pribadi.

Situs ini dapat diakses dengan mengeklik tautan ini

5. Satu Persen

Situs kelima adalah Satu Persen. Situs ini memiliki pilihan bahasa Indonesia sehingga dapat memudahkan peserta yang berasal dari Indonesia.

Nantinya, peserta tes di situs ini akan diberikan 21 pertanyaan dan menjawab dengan memilih salah satu jawaban yang dirasa paling menggambarkan diri pribadi.

Untuk mengakses situs ini, dapat mengeklik tautan ini

Nah itulah situs love language test yang bisa kamu coba. Kamu tim acts of service, receiving gifts, words of affirmation, physical touch, atau quality time nih?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER