Manfaat Public Speaking di Dunia Kerja dan 6 Tips Meningkatkannya

26 Dec 2022 12:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi public speaking. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap orang dapat berbicara, namun tidak semua orang memiliki kepercayaan diri berbicara di depan publik. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu perlu menguasai public speaking yang baik.

Teknik public speaking yang baik dapat kamu pelajari dengan mudah dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan terutama buat siapapun yang sudah bekerja. Berikut adalah definisi, manfaat, dan tips meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik.

Apa itu Public Speaking?

Mengutip dari Kamus Merriam-Webster, definisi public speaking adalah sebuah aksi, tindakan atau keterampilan berbicara pada sekelompok orang banyak. Sementara menurut Nieke Monika dalam Modul Public Speaking, dijelaskan bahwa public speaking merupakan kemampuan seseorang berbicara di depan banyak orang untuk menyampaikan pesan yang dapat dipercaya dan dimengerti oleh khalayak yang mendengarkannya.

Dari dua pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya public speaking merupakan kepercayaan diri seseorang dalam menyampaikan gagasan kepada banyak orang dengan menarik dan mampu dipahami.

Public speaking dalam dunia kerja tentu sangat diperlukan demi terlihat profesional dan tentunya akan berdampak positif terhadap orang yang menerapkannya, atasan, rekan kerja maupun klien.

Manfaat public speaking di dunia kerja

Memiliki keterampilan public speaking tentunya memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat jika kamu dapat menguasai keterampilanl public speaking:

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan kemampuan public speaking yang baik maka kamu secara tidak langsung telah melatih kepercayaan dirimu dan hal ini tentu berdampak membawa manfaat saat kamu bertemu investor atau klien. Dengan kepercayaan diri yang kamu miliki maka mereka akan semakin tertarik untuk menjalin kerja sama.

  • Menumbuhkan Rasa Kepemimpinan

Dalam dunia kerja ada kalanya kamu ditugaskan untuk memimpin koordinasi atau rapat dengan melakukan banyak komunikasi. Tentunya hal ini memerlukan kemampuan pembawaan materi dan informasi yang jelas kepada rekan kerja atau bawahan. Dengan begitu, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa kepemimpinan dalam dirimu.

  • Memperlihatkan pengetahuan dan kemampuan

Ketika kamu memiliki banyak ide namun tidak bisa mengungkapkan, tentu hal itu merupakan kerugian yang besar, dengan begitu kamu perlu memiliki public speaking yang baik agar dapat menunjang kariermu.

  • Membantu untuk Lebih Kritis

Dalam pengucapan tentu kita harus memilih kalimat yang tepat sehingga membuat otak bekerja lebih aktif dan secara tidak langsung membuat kita berpikir lebih kritis. Dengan begitu kamu tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang merugikan dirimu.

  • Menarik Perhatian Audiens

Manfaat selanjutnya dari kemampuan public speaking adalah dapat menarik perhatian audiens melalui cara bicara, pemilihan kalimat sampai bahasa tubuh. Sehingga gagasan yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik.

6 Tips meningkatkan public speaking

Belajar untuk meningkatkan public speaking tentu tidaklah sulit terutama bagi pemula. Berikut adalah cara meningkatkan keterampilan public speaking:

  • Kenali audiens dengan baik

Sebelum kamu berbicara, kamu harus mengetahui dan mengenali karakter audiens dengan baik, termasuk tujuan dan alasan yang melatarbelakangi mereka hadir. Caranya mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu atau kamu bisa melemparkan pertanyaan tertentu yang membangun interaksi. Tugasmu adalah menarik perhatian audiens. 

  • Susun poin penting yang ingin disampaikan

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan slide presentasi jika kamu menjadi pemateri atau pembicara dalam sebuah pertemuan. Sebagai catatan, slide dalam presentasi memang bisa menjadi panduan saat kamu berbicara, tapi bukan berarti kamu hanya berfokus pada teks yang ada dalam slide tersebut.

Maka dalam hal ini kamu perlu berlatih dan membuat poin-poin penting tentang materi yang akan dibicarakan sehingga dapat terlihat natural dan membuatmu lebih percaya diri.

  • Persiapkan alat bantu jika diperlukan

Alat bantu saat presentasi dapat meningkatkan public speaking yang baik. Alat bantu tersebut bisa dari menyiapkan catatan kecil agar materi yang disampaikan tidak terlewatkan atau menggunakan operator untuk membantu melancarkan presentasi saat hari H.

  • Kuasai materi

Penguasan materi yang baik tentu akan membuat kamu lebih percaya diri. Jadi sebelum melakukan presentasi pastikan kamu sudah memahami tentang apa yang ingin kamu sampaikan kepada audiens. Dengan demikian audiens juga akan ikut memahami materi yang kamu sampaikan.

  • Perhatikan aspek non verbal

Aspek non verbal bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian audiens mulai dari menjaga kontak mata dan bahasa tubuh agar tidak kaku. Atau saat menerima pertanyaan, tidak menampilkan mimik muka yang tidak tertarik dan jangan melipat tangan seolah-olah terlihat angkuh.

  • Be confident

Aspek terpenting adalah kepercayaan diri, setelah materi dan persiapan yang matang tentunya kamu hanya perlu percaya diri dan yakin  bahwa kamu mampu menyampaikan materi dengan baik.

Nah, itulah beberapa tips dan manfaat untuk meningkatkan public speaking yang baik terutama dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER