Manfaat WhatsApp Business Serta Kelebihannya yang Jarang Orang Ketahui

8 Januari 2024 20:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi aplikasi WhatsApp bisnis (WhatsApp Business). (Sumber: Pexels/Anton)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sejak diluncurkan pada 2017, WhatsApp Business menjadi salah satu alat komunikasi yang populer digunakan pemilik usaha, mulai dari usaha skala kecil, menengah, hingga besar.

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi WhatsApp yang menawarkan berbagai fitur yang membantu pemilik bisnis untuk membangun komunikasi dengan pelanggan.

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki fitur khusus untuk pebisnis menautkan produk di halaman profil mereka.

Dengan fitur tersebut, pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi produk atau layanan secara langsung dari WhatsApp.

Manfaat WhatsApp Business

Bagi para pebisnis, WhatsApp Business menawarkan berbagai manfaat, seperti:

  • Memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara cepat meskipun pemilik bisnis sedang sibuk.
  • Dapat memuat informasi detail mengenai usaha, seperti identitas bisnis, katalog, produk, alamat, dan informasi lainnya.
  • Dengan fitur informasi yang lengkap dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
  • Anda tidak perlu repot mengingat atau membuat catatan, pelanggan mana saja yang sudah melakukan pembayaran atau belum, sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan lebih lancar.

Kelebihan WhatsApp Business

Selain memiliki beragam manfaat, WhatsApp Business juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp biasa jika dilihat dari berbagai fitur yang dimiliki, seperti:

1. Informasi halaman profil

Profil yang terdapat di WhatsApp Business memuat informasi lebih banyak daripada WhatsApp biasa, mulai dari nama, alamat, jam kerja, kategori usaha, email, sampai tautan mengenai produk.

2. Nomor telepon

Bagi pengguna WhatsApp Business, nomor ponsel yang digunakan sebagai akun WhatsApp dapat lebih dari satu.

Fitur ini mengakomodasi kebutuhan untuk memberikan informasi bisnis seperti nomor telepon kantor dan beberapa layanan customer service yang dapat diakses pelanggan.

3. Sistem keamanan

WhatsApp Business menggunakan sistem verifikasi yang meminta pengguna untuk memasukkan nomor PIN sebanyak 6 digit untuk bisa masuk atau log in.

4. Greeting Message

Seri WhatsApp Business juga dilengkapi dengan greeting message, yakni memberikan template pesan selamat datang kepada setiap pelanggan yang memulai obrolan di ruang chat.

5. Away Message

Dengan away message, pebisnis bisa membalas pesan balasan secara otomatis walaupun dalam keadaan sibuk.

6. Labels

Fitur ini memudahkan pebisnis untuk mengelompokan berbagai kategori pelanggan, mulai dari pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, telah membayar, atau pelanggan dengan pesanan yang telah diselesaikan.

7. Terhubung dengan Instagram dan juga Facebook

Fitur WhatsApp Business juga dapat ditautkan dengan halaman Facebook atau profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR