Mau Cek Kesehatan Mental Online? Berikut Aplikasi dan Websitenya.

6 Dec 2022 22:12 WIB

thumbnail-article

Konsultasi kesehatan mental online semakin mudah. Sumber: Antara.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, terutama di kalangan milenial. Banyak dari mereka merasakan kesehatan mentalnya terganggu. Dilansir dari laman website resmi kementerian Kesehatan (KemenKes), ciri-ciri gangguan mental adalah seseorang menjadi lebih mudah marah, perubahan mood yang cepat, penurunan berat badan, bahkan sampai berani menyakiti diri sendiri.

Semakin berkembangnya zaman, semakin dipermudah dengan adanya tes kesehatan mental online. Seseorang tidak perlu repot-repot pergi ke psikolog dan mengantre untuk konsultasi. Berikut adalah tes kesehatan mental yang bisa kamu akses secara online.

Lalui Bersama

Tes kesehatan mental online pertama ada Lalui Bersama. Website ini merupakan sistem kalkulator kesehatan mental yang besutan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk khalayak umum.

Kalkulator mental Lalui Bersama menggunakan metode DASS (Depression, Anxiety, dan Stress Scale) yang mengharuskan kamu untuk menjawabi 21 pertanyaan dengan cermat. Jawabannya adalah memilih angka antara 0 dan 3. 0 berarti tidak pernah, 1 berarti kadang-kadang. 2 berarti sering, 3 berarti hampir selalu.

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi adalah organisasi non-profit yang fokus di dalam bidang kesehatan mental. Berbeda dengan tes kesehatan mental yang memberikan gambaran umum, lembaga ini menyediakan skrining untuk kondisi depresi melalui laman wesite mereka pijarpsikologi.org. 

Tes skrining depresi dari Pijar Psikologi menggunakan metode Beck’s Depression Inventory (BDI). Di Pijar Psikologi ini kamu akan diajukan 21 pertanyaan untuk memastikan apakah  kamu mengalami gejala depresi.

Satu Persen

Berbeda dengan konsultasi aplikasi kesehatan mental lainnya, satu persen merupakan start-up yang memiliki consent di bidang pendidikan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun mengusung tema pendidikan, satu persen tidak seperti start-up bidang pendidikan lain. Satu Persen mengusung pendidikan dalam aspek pengetahuan dan kemampuan yang tidak diajarkan di sekolah.

Dengan menggandeng psikolog dan juga kalkulator mental online, mereka juga menawarkan berbagai tes seperti tes kecemasan, tes attachment, hingga tes tingkat resiliensi. Satu Persen memiliki penawaran biaya mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 799 ribu. Namun, perlu dicatat tes ini tidak direkomendasikan untuk individu yang sedang berada dalam situasi yang mengancam nyawa. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER