Airlangga Respons Megawati Soal Baru Berkuasa Mau Seperti Orde Baru: Chapter yang Sudah Lewat

29 November 2023 17:11 WIB

Narasi TV

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/ Antara

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

"Orde baru kan sudah, chapter yang sudah lewat."

Ketua Umum DPP Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto merespons pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri soal mereka yang baru berkuasa mau bertindak seperti Orde Baru.

Kendati tidak jelas kepada siapa Megawati melayangkan pernyataannya, namun menurut Airlangga Orde Baru merupakan fase atau chapter pemerintahan yang sudah berlalu.

"Orde baru kan sudah, chapter yang sudah lewat," kata Airlangga dikutip Antara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Airlangga menolak jika Golkar dikategorikan sebagai bagian dari Orde Baru.

"Ya kalau kita (kami) masuk dalam orde reformasi," kata dia.

Presiden Joko Widodo menyatakan enggan berkomentar soal ucapan Megawati itu. Dijumpai usai mengikuti acara Gerakan Tanam Pohon Bersama di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu pagi, Jokowi hanya tersenyum dan mengatakan, "saya tidak ingin memberi tanggapan."

Sebelumnya, Megawati mengaku jengkel melihat pemerintahan saat ini yang bertindak seperti penguasa zaman orde baru. Kritik itu disampaikan Megawati ketika menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin (27/11/2023).

"Mestinya Ibu enggak boleh ngomong gitu, tetapi sudah jengkel. Kenapa? Republik ini penuh dengan pengorbanan tahu tidak. Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti waktu zaman Orde Baru?" kata Megawati.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR