Menang Tipis atas Italia, Uruguay Jadi Kampiun Piala Dunia U-20 2023

12 Juni 2023 16:06 WIB

Narasi TV

Timnas Uruguay U-20 melakukan selebrasi setelah keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Unico Diego Armando maradona di La Plata, Argentina (11/06/2023). REUTERS/Agustin Marcarian

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Hasil Piala Dunia U-20 Argentina menempatkan Uruguay U-20 sebagai juara setelah mengalahkan Italia U-20 dengan skor 1-0 dalam laga final.

Pertandingan final Piala Dunia U-20 antara Uruguay U-20 vs Italia U-20 dihelat di Estadio Unico Diego Maradona pada Minggu, (11/06/2023) waktu setempat.

Sepanjang pertandingan tampak Uruguay U-20 tampil spartan dan membombardir pertahanan Italia U-20. 

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Anderson Duarte dan kawan-kawan tampil menyerang dan menekan pertahanan Italia.

Sementara Italia U-20 sendiri terpaksa harus tampil bertahan setelah mendapati gempuran demi gempurang dari pemain Uruguay U-20.

Kiper Italia U-20 Sebastiano Desplanches sepanjang babak pertama harus jatuh bangun demi mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, Uruguay U-20 dan Italia U-20 belum berhasil memecah kebuntuan. Skor kacamata menjadi penghias akhir pertandingan.

Di babak kedua, Uruguay U-20 tidak menurunkan tensi serangan, mereka langsung tancap gas dan mendominasi serangan, di sisi lain Italia U-20 tampak tak bisa memberikan ancaman berarti ke lini pertahanan lawan.

Pelatih Italia Carmine Nunziata lantas memutar otak saat mendapati permainan anak asuhnya tidak berkembang di babak kedua. 

Dengan cepat ia melakukan pergantian dan memasukkan Mattia Zanotti, Daniele Montevago, dan Francesco Pio Esposito.

Duel partai final Piala Dunia U-20 antara Uruguay U-20 vs Italia U-20 berlangsung keras dan sengit. 

Drama pertandingan tersaji di atas lapangan hijau. Kiper Italian menjadi salah satu pemain yang kerap terlibat duel otot demi mengamankan gawangnya.

Terkena kartu merah

Meski tampil menekan hingga pertengahan babak kedua, Uruguay U-20 tak kunjung berhasil memecahkan kebuntuan. Pertahanan Italia yang dikomandoi oleh Daniele Ghilardi cukup solid dalam membendung serangan pemain-pemain Uruguay U-20.

Namun di tengah usaha Italia U-20 dalam membendung serangan lawan, salah satu pemain mereka harus diusir keluar lapangan usai menerima kartu merah.

Matteo Prati pada menit ke-80 mendapat kartu merah dari wasit setelah menempatkan kakinya ke lutut Andreas Ferrari. PT PEP

Italia U-20 terpaksa harus tampil dengan 10 pemain dalam menghalau serangan Uruguay U-20.

Uruguay pun berhasil pecah telur pada menit ke-86, Luciano Rodriguez berhasil mengarahkan bola melalui kepalanya ke gawang Italia usai mendapati kemelut di kotak penalti Italia.

Hingga babak kedua berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay U-20 atas Italia U-20 tak berubah. Dengan begitu Uruguay keluar sebagai juara Piala Dunia U-20.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR