Mengenal Fitur Baru Instagram, Notes, Candid dan Cara Menggunakannya

15 Desember 2022 17:12 WIB

Narasi TV

Media Sosial Instagram. Sumber: Unsplash.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Baru-baru ini pengguna sosial media, terutama Instagram dikejutkan dengan fitur baru pada aplikasi tersebut. Fitur baru yang dimaksud adalah notes dan candid. Melalui fitur tersebut, tampaknya Instagram ingin memberikan pengalaman lebih kepada penggunanya dalam mengunggah keseharian atau ceritanya. 

Dilansir dari situs resmi Meta, perusahaan yang bekerja sama dengan Instagram, fitur notes merupakan sebuah fitur yang  memungkinkan penggunanya untuk berbagi postingan singkat. 

Berbeda dengan fitur story atau snapgram yang memiliki cakupan waktu hingga 60 detik, cakupan waktu yang dimiliki notes cukup terbatas, yakni maksimal 60 karakter termasuk emoji. Namun, untuk durasi menontonnya  tetap sama, yaitu 24 jam setelah diunggah oleh pengguna.

Untuk  menggunakan fitur notes pengguna dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Buka menu Direct Messages di bagian atas layar
  3. Akan terlihat foto profil picture kamu di bagian kiri, diikuti dengan orang lain yang sudah diikuti. Klik foto profile picture pengguna.
  4. Ketik apapun yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Ingat hanya bisa menulis dan menggunakan emoji hingga 60 karakter.
  5. Pengguna dapat memilih untuk mengunggahnya kepada followers yang juga mengikuti Anda di Instagram atau pada Close Friends.
  6. Klik Share.

Sementara itu, untuk mengomentari atau membalas notes dari teman, pengguna dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Buka menu Direct Messages di bagian atas layar
  3. Akan terlihat orang yang telah update Notes. Tulisan mereka muncul pada lingkaran foto profile pictures mereka. Klik untuk mengomentarinya.
  4. Tulis pesan pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai klik Send.
  5. Balasan ke Notes akan hadir ke DM di dalam inbox.

Selain notes, Instagram juga meluncurkan fitur baru berupa stories. Pada fitur ini pengguna dapat membagikan kejadian secara spontan dan jujur. Pengguna akan menerima notifikasi untuk mengirim Candid Story. Dengan fitur ini pengguna dapat menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Namun untuk pengguna yang tidak ingin membagikan "momen nyata" dalam hidupnya setiap hari, notifikasi harian bisa dimatikan.

Lebih lanjut, masih dilansir dari Meta, fungsi fitur Candid Stories, serupa dengan fitur Add Yours yang sudah tersedia di Stories sejak tahun lalu. Fungsinya adalah mengajak lingkaran sosial untuk berbagi secara spontan dan kreatif.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR