Mengenal Kredit Usaha Rakyat yang Dijanjikan Muhaimin untuk Anak Muda Sebesar Rp150 Triliun

23 Dec 2023 12:12 WIB

thumbnail-article

Calon Wakil Presiden, Muhaimin Iskandar, dalam debat Cawapres, Jumat (22/12). Sumber: YouTube Najwa Shihab.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar berjanji akan memberikan kredit usaha untuk anak muda. Kredit ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp150 triliun. Lantas, apa itu kredit usaha?

Kredit usaha adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu untuk mendukung tujuan usaha berdasar persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam. Nantinya, peminjam harus melunasi pinjaman tersebut dalam kurun waktu tertentu lengkap dengan bunga dan biaya lainnya.

Kredit usaha ini dapat diberikan untuk keperluan usaha peminjam seperti modal kerja dan kebutuhan investasi. Soal investasi yang dimaksud di sini adalah untuk jangka panjang seperti membeli kios, ruko, mesin, pembangunan pabrik, dan lain sebagainya.

Sistem kredit seperti ini sebenarnya sudah dijalankan oleh pemerintah dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Program ini dirancang untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki kendala modal ketika ingin meningkatkan skala usahanya.

Harapannya, apabila UMKM dan koperasi maju, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih maju. Dengan begitu, banyak lapangan pekerja yang dibuka dan angka kemiskinan pun bisa ditekan.

Jenis kredit usaha rakyat

Berdasar Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR, berikut beberapa jenis KUR:

  • KUR Mikro

KUR Mikro adalah kredit modal kerja atau investasi mencapai Rp25 juta per debitur. Jangka waktu KUR ini paling lama tiga tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja, atau paling lama lima tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.

  • KUR Kecil

Kredit ini diberikan kepada pemilik usaha produktif dan layak antara Rp25 juta hingga Rp500 juta per debitur. Jangka waktu KUR Kecil paling lama adalah empat tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja, atau paling lama lima tahun untuk kredit atau pembiayaan investasi.

  • KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

KUR ini diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan mencapai Rp25 juta. Jangka waktu KUR ini paling lama sesuai dengan kontrak kerja dan tidak melebihi maksimal tiga tahun.

  • KUR Khusus

KUR ini dikhususkan bagi komoditas perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat. KUR Khusus mencapai lebih dari Rp25 juta dan maksimal Rp500 juta setiap individu atau kelompok. Jangka waktu KUR ini paling lama adalah empat tahun untuk kredit atau pembiayaan modal kerja atau lima tahun untuk investasi.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres yang berlangsung pada Jumat (22/12/2023) menyebut bahwa kredit usaha akan diberikan dengan mengambil lima persen anggaran APBN atau sekitar Rp150 triliun. Kredit ini secara khusus diberikan kepada anak muda agar dapat menjadi pelaku ekonomi yang baik.

“InsyaAllah AMIN akan memastikan 5% anggaran dari APBN atau sekitar Rp150 triliun kita khususkan untuk kamu-kamu kaum muda Indonesia, kamu-kamu yang memiliki energi besar untuk menjadi bagian terdepan bagi kemajuan bangsa kita, salah satunya kamu kredit usaha anak muda,”ujar Muhaimin pada Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, pemberian kredit usaha ini tak hanya berdampak positif bagi perintis usaha, tetapi juga untuk sektor perbankan. Pengalaman ini telah terbukti berlangsung di negara India.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER