Mengenal Lebih Jauh Profesi Enumerator

3 Jan 2023 16:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pengisian data kuesioner penelitian yang harus dihimpun oleh enumerator. Sumber: Freepik.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Enumerator adalah sebuah profesi yang juga disebut sebagai pencacah atau periset. Tugasnya adalah mengumpulkan data kolektif. Menurut OECD, enumerator adalah petugas survei yang memiliki fungsi untuk melaksanakan bagian pencacahan, yang terdiri dari penghitungan dan pencatatan orang berdasarkan pengisian kuesioner.

Umumnya petugas enumerator berurusan dengan riset yang bersifat kualitatif terkait dengan kependudukan dan dengan subjek penelitian yang mempunyai jumlah besar. Peran penting yang dimiliki enumerator pada perusahaan juga memiliki relevansi dengan kepentingan produksi. Berikut ini merupakan penjelasan detail tentang peran enumerator:

  1. Mengumpulkan data supaya bisa mendapatkan insight terkait rencana  pengembangan produk
  2. Melakukan wawancara perorangan untuk bisa mendapatkan berbagai informasi tentang selera konsumen. 
  3. Mengumpulkan berbagai data dan kuesioner sesuai tujuan riset.

Selain peran di atas, enumerator memiliki tanggung jawab tertentu dalam urusan riset dan kepentingan bisnis lainnya. Berbeda dengan peran peneliti utama untuk menganalisis atau riset data, karena enumerator lebih bertindak selaku pengumpul data yang berada di lapangan.

Tanggung Jawab Enumerator

Adapun detail tanggung jawab dari enumerator adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan koordinasi terkait strategi riset. 
  2. Melakukan koordinasi dengan tim untuk menyelaraskan kuesioner dengan tujuan riset. 
  3. Memastikan pertanyaan dalam kuesioner dijawab dengan jawaban yang relevan dari responden.
  4. Menghimpun semua data dan berbagai riset data untuk diberikan kepada bagian  peneliti dan analisis riset.

Secara lebih luasnya, profesi enumerator mempunyai tanggung jawab untuk memberikan masukan berupa data dan laporan riset kepada peneliti utama untuk kemudian diolah. Peran dan tanggung jawab yang tidak boleh penting ini membuat seorang enumerator wajib mempunyai kualifikasi yang cakap dalam menjalankan tugasnya. Maka dari itu memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi menjadi pengaruh penting bagi enumerator.

Selain pendidikan tinggi, memiliki kemampuan wawancara dan public speaking yang sangat bagus dan mampu mengerjakan soal saat seleksi enumerator dengan baik merupakan peran yang harus dimiliki oleh seorang enumerator. 

Adanya profesi enumerator dalam dunia riset dan pengembangan ini sangat penting pula untuk pemerintahan ketika melakukan riset kebijakan, baik yang bersifat akademis maupun tidak. 

Demikian penjelasan tentang profesi enumerator. Bagi kamu yang suka bergelut dengan data-data lapangan dan gemar bertemu banyak orang, profesi ini bisa jadi pilihan yang menarik.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER