WhatsApp Luncurkan Fitur Channels untuk Broadcast

23 Jun 2023 10:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang pengguna WhatsApp. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Meta resmi meluncurkan fitur baru di WhatsApp yang bernama Channels pada Kamis (8/6/2023). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menerima informasi terbaru dari organisasi atau individu yang diikuti. 

“Hari ini, kami dengan senang hati memperkenalkan Channels: cara sederhana, dapat diandalkan, dan privat untuk menerima pembaruan penting dari orang dan organisasi, langsung melalui WhatsApp,” begitu bunyi pengumuman yang dikutip dari laman blog resmi WhatsApp. 

WhatsApp Channels dapat diakses di tab baru yang diberi nama Updates. Di tab tersebut, pengguna akan menjumpai Status dan daftar kanal yang bisa dipilih untuk diikuti. 

Melalui Channels, admin dapat mengirim teks, foto, video, stiker dan polling secara satu arah. Nantinya, WhatsApp juga akan menyediakan layanan berbayar atau monetisasi kanal bagi kreator konten yang ingin menggunakan fitur Channels. 

Meta juga mengembangkan direktori untuk mempermudah pengguna dalam mencari kanal yang sesuai dengan minatnya. 

Melalui direktori, pengguna dapat menemukan berbagai jenis kanal mulai dari hobi, tim olahraga, organisasi dan otoritas setempat, maupun kanal-kanal lainnya. 

Selain mencarinya melalui direktori, pengguna juga bisa bergabung dengan kanal melalui tautan yang dibagikan di chat, email, atau media sosial. 

WhatsApp menjamin privasi pengguna yang bergabung dalam kanal dengan tidak menampilkan nomor telepon kepada admin maupun pengikut lainnya. 

Karena dirancang untuk khalayak luas, fitur Channel tidak didukung enkripsi end-to-end. Admin kanal hanya bisa menyimpan riwayat pesan selama 30 hari.

Berdasarkan keterangan WhatsApp, fitur Channels diluncurkan lebih awal di Kolombia dan Singapura. Peluncuran terbatas ini sekaligus bertujuan untuk mengembangkan dan mengadaptasi pengalaman baru sebelum fitur Channels dirilis di negara-negara lainnya. 

Cara menggunakan WhatsApp Channels

Berikut ini cara menggunakan fitur WhatsApp Channels:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik tab “Updates”.
  • Cari kanal yang ingin diikuti. Pengguna juga bisa mendapatkan tautan kanal melalui chat, email, atau media sosial. 
  • Klik tombol “Follow” untuk bergabung dengan kanal.
  • Pengguna dapat mengetuk nama saluran untuk melihat pembaruan yang diberikan admin di kanal tersebut.
  • Jika sudah tidak ingin bergabung dengan kanal, pengguna dapat mengeklik tombol “Leave”.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER