Najwa Shihab Publik Figur Inspiratif Terpopuler: Dalam Membicarakan Kebenaran Selalu Ada Usaha Merobohkan Nyali

23 Sep 2022 12:09 WIB

thumbnail-article

Najwa Shihab raih penghargaan Indonesian Television Awards 2022 sebagai Public Figure Inspiratif Terpopuler, Kamis (22/9/2022)/ YouTube Indonesian Television Awards

Penulis:

Editor: Akbar Wijaya

Dalam upaya untuk membicarakan kebenaran selalu ada usaha untuk merobohkan nyali, lewat beragam intimidasi.

Najwa Shihab, pendiri Narasi TV meraih penghargaan "Public Figure Inspiratif Terpopuler" di ajang Indonesian Television Awards. Ia merasa bersyukur atas penghargaan yang diberikan.

"Alhamdulillahirabbil'alamin terimakasih banyak atas penghargaan ini," kata  Najwa di atas panggung Indonesia Television Awards, Studio MNC, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (23/9/2022) malam.

Jurnalisme memainkan peranan penting di tengah tsunami informasi dan virus dusta yang menyebar di mana-mana. Dalam situasi semacam itu ia percaya tugas seorang jurnalis adalah menggaungkan suara publik.

"Teman-teman hari-hari ini di tengah tsunami informasi dan virus dusta yang meracuni udara, saya percaya salah satu tugas jurnalisme adalah menggaungkan suara publik. Sesederhana itu sebetulnya yang saya lakukan dan begitu banyak dilakukan jurnalis lain. Menyuarakan apa yang kami anggap penting," kata Najwa.

Suarakan Kebenaran Bersama-sama

Menurut Najwa, publik dan jurnalis harus berani secara bersama-sama menyuarakan kebenaran. Tak peduli kebenaran itu pahit atau manis.

"Ada banyak kebenaran, manis atau pahit yang semuanya harus berani dibicarakan secara bersama-sama hari ini," ujarnya.

Ia tak memungkiri upaya menyuarakan kebenaran akan selalu menghadapi perlawanan dalam bermacam bentuk. Tujuannya tentu saja agar kita semua takut untuk bersuara.

"Dan dalam upaya untuk membicarakan kebenaran selalu ada usaha untuk merobohkan nyali, lewat intimidasi, beragam intimidasi, macam-macambentuk intimidasinya, tapi tujuannya selalu satu membangun rasa ngeri, menakut-nakuti supaya kita berhenti, dan siapa pun bisa mengalami itu," katanya.

"Termasuk teman-teman yang hadir malam ini di sini, teman-teman yang berdiri di panggung ini."

Najwa berpendapat para publik figur memiliki daya untuk menularkan keberanian menyuarakan kebenaran di masyarakat.

"Teman-teman adalah kelompok orang-orang yang begitu mudah dicintai karena populer karana karier, dan juga karena tindakan sehari-sehari yang menginsiprasi dan inspiratif itu sebetulnya itu punya daya tular karenanya mari rapatkan barisan teman-teman," katanya.

Ia mengajak para publik figur untuk untuk memperjuangkan nilai-nilai yang dapat memberikan kebaikan bersama.

"Mari saling menularkan nyali, memperjuangkan nilai integritas, toleransi, pentingnya partisipasi, nilai-nilai yang kita sama-sama percaya di Narasi. Supaya selalu ada orang-orang di luar sana yang juga menolak berhenti dan terus berani. Terimakasih sekali lagi," ujarnya.

 

Profil Najwa Shihab

Najwa ialah alumni Fakultas Hukum UI angkatan 1996. Karier jurnalisnya dirintis di RCTI. Pada 2001, ia lalu bergabung dengan Metro TV.

Dari menjadi reporter di Metro TV, ia kemudian diangkat menjadi jangkar berita dalam sejumlah program berita prime time seperti Metro Hari Ini dan Suara Anda, sebelum memiliki program gelar wicara sendiri yang dinamakan Mata Najwa pada 2010.

Pada 2018, Najwa Shihab mendirikan Narasi, sebuah perusahaan berita dan media omni-channel yang menciptakan dan mengelola beberapa jenis konten.

Sepanjang kariernya sebagai jurnalis Najwa telah menyabet beragam penghargaan berskala nasional hingga internasional.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER