Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia: Benarkah Indonesia Pemenangnya?

1 April 2023 08:04 WIB

Narasi TV

Pemandangan di kawasan Nusa Tenggara Timur: Sumber: Pexel/rizknas.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Negara dengan pulau terbanyak itu Indonesia atau bukan ya? Pulau merupakan potongan daratan yang dikelilingi oleh air dan dipisahkan dari daratan utama. Pulau menjadi rumah bagi berbagai jenis kehidupan, serta menjadi tujuan wisatawan dari seluruh dunia. Banyak negara di dunia memiliki pulau yang indah dan unik, dan beberapa negara bahkan memiliki banyak pulau. Berikut adalah daftar 10 negara dengan pulau terbanyak di dunia.

  • Swedia

Pertama adalah Swedia dengan lebih dari 267.570 pulau. Swedia terkenal dengan pantai dan pesisirnya yang indah, dan memiliki ribuan pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis pantainya. 

  • Norwegia

Urutan kedua negara dengan pulau terbanyak adalah Norwegia, dengan lebih dari 239.057 pulau. Kebanyakan dari pulau-pulau tersebut terletak di sepanjang pantai barat dan utara Norwegia, dan menawarkan keindahan alam yang spektakuler seperti gunung berapi dan fjord.

  • Finlandia 

Selanjutnya, negara dengan pulau terbanyak yang ketiga adalah Finlandia, dengan lebih dari 178.947 pulau. Finlandia adalah negara Skandinavia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dan memiliki ribuan pulau yang tersebar di sepanjang pantainya.

  • Kanada

Urutan keempat adalah Kanada, dengan lebih dari 52.455 pulau. Pulau-pulau Kanada tersebar di seluruh wilayah negara, dan menawarkan keindahan alam yang unik seperti es yang membeku dan gletser yang menakjubkan. 

  • Amerika Serikat 

Posisi kelima ditempati oleh Amerika Serikat dengan 18.617 pulau. Beberapa pulau yang terkenal di Amerika Serikat adalah Hawaii, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat

  • Indonesia 

Masuk urutan keenam adalah Indonesia, dengan lebih dari 17.504 pulau. Kepulauan Indonesia terbentang dari Samudra Hindia hingga Pasifik, dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan keanekaragaman budaya. 

  • Australia 

Ketujuh Australia, dengan lebih dari 8.222 pulau. Australia memiliki beberapa pulau terbesar di dunia, seperti Pulau Tasmania dan Pulau Kanguru, serta banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang pantainya.

  • Filipina 

Pada posisi kedelapan negara dengan pulau terbanyak adalah Filipina. Filipina memiliki jumlah 7.641 pulau. Pulau-pulau di Filipina menawarkan pemandangan alam yang indah seperti pantai putih dan air terjun yang menakjubkan. Beberapa pulau populer di Filipina termasuk Palawan, Boracay, dan Cebu.

  • Jepang

Berikutnya Jepang menempati posisi kesembilan dengan jumlah 6.852 pulau. Beberapa pulau yang terkenal di Jepang adalah Hokkaido, Honshu, Kyushu, dan Shikoku. Pulau-pulau di Jepang menawarkan keindahan alam yang indah dan keanekaragaman budaya yang kaya. Terakhir dan urutan kesepuluh adalah Chile dengan jumlah mencapai 5.000 pulau. 

Demikian pembahasan mengenai negara dengan pulau terbanyak yang dapat Anda simak.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR