8 Negara Teraman di Dunia Versi GPI, Masih Didominasi Eropa

7 Mar 2023 01:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi negara-negara teraman di dunia dalam peta dunia. (Sumber: Freepik).

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Keamanan sebuah negara menjadi salah satu penilaian orang untuk tinggal di suatu negara.

Tinggal dan menetap di sebuah negara yang aman tentu menjadi dambaan hampir setiap orang dengan harapan dapat hidup dengan tentram dan damai.

Untuk mengetahui hal tersebut, Institute for Economics & Peace (IEP) mengalkulasi dan me-ranking tingkat keamanan di 163 negara berdaulat di dunia.

Daftar tersebut, yang dirilis tiap tahun sejak 2009, disebut sebagai Indeks Perdamaian Global (GPI).

Menukil World Population Review, GPI memeringkat setiap negara berdasarkan 23 indikator, seperti jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal, tingkat ketidakpercayaan, ketidakstabilan politik, kemungkinan aksi teroris, jumlah pembunuhan, dan pengeluaran militer.

Lantas negara mana saja yang dianggap sebagai negara paling aman di dunia? 

Negara teraman di dunia 2022

Berikut 8 negara teraman di dunia menurut Indeks Perdamaian Global 2022.

1. Islandia

Foto Gereja Merah di Desa Vik, Islandia. (Sumber: Freepik/tawatchai07).

Berdasarkan peringkat yang diterbitkan oleh GPI, Islandia posisi pertama sebagai negara teraman di dunia. 

Hasil tersebut membuat Islandia berhasil mempertahankan posisinya selama 14 tahun berturut-turut sebagai negara paling teraman di dunia.

Dalam rilisan terbaru GPI 2022, Islandia mencatatkan penurunan angka kriminalitas hingga 55 persen.

Islandia adalah negara dengan tingkat kejahatan terendah karena populasinya yang relatif kecil. 

Selain itu, Islandia memiliki undang-undang yang menjamin kesetaraan antara pria dan wanita, kebebasan beragama, dan upah yang setara.

2. Selandia Baru

Negara teraman kedua ditempati oleh Selandia Baru. Seperti halnya Islandia, negara ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah. 

Akan tetapi, meskipun Selandia Baru berada di peringkat kedua negara teraman di bumi, negara ini mencatatkan pertumbuhan skor perdamaian yang relatif kecil dalam GPI 2022.

Hal tersebut dikarenakan ancaman terorisme yang sempat melanda negara tersebut, selain pengeluaran negara untuk militer yang menurun. 

3. Irlandia

Pada tahun 2022, peringkat Irlandia sebagai negara teraman di dunia naik ke peringkat ketiga. Indeks terbaru tersebut membuat negara ini menjadi negara paling aman nomor dua di Eropa.

Kenaikan peringkat Irlandia dalam GPI 2022 secara umum dikarenakan meningkatnya standar keamanan dan keselamatan di negara tersebut, selain kenaikan anggaran militer.

4. Denmark

Foto pelabuhan di Kota Kopenhagen, Denmark. (Sumber: Freepik/wirestock).

Denmark dikenal sebagai negara dengan tingkat stabilitas politik, kebebasan pers, serta pengakuan atas hak individu yang tinggi.

Negara Nordik paling kecil tersebut juga disebut sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia.

Kenyamanan Denmark, misalnya, terlihat dari kemampuan Pemerintah Denmark memberikan akses pendidikan tinggi dan layanan kesehatan secara gratis bagi warganya.

5. Austria

Peringkat lima negara teraman di dunia ditempati oleh Austria. Salah satu negara termuda di Uni Eropa ini mengalami peningkatan dalam hal pendapatan serta pemenuhan lapangan kerja dan perumahan.

Akan tetapi, meskipun berada di peringkat kelima, Austria mengalami peningkatan konflik sosial dalam beberapa tahun belakangan.

Hal tersebut dipicu oleh kampanye partai sayap kanan yang menyuarakan seruan anti-imigran yang kian masif. 

Indeks keamanan Austria juga sempat turun pasca-aksi terorisme simpatisan ISIS pada 2020 lalu.

6. Portugal

Foto Sungai Douro di Kota Porto, Portugal. (Sumber: Freepik/vwalakte).

Negara teraman kedelapan adalah Portugal. Negara yang beribukota di Lisboa ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan paling progresif dalam pemeringkatan GPI.

Pada 2014 lalu, peringkat Portugal di GPI berada di posisi 18. Namun, negara ini mampu beranjak hingga peringkat delapan dalam waktu delapan tahun.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan Pemerintah Portugal untuk memenuhi kebutuhan atas hunian, keseimbangan kehidupan pekerjaan, keamanan, dan kualitas lingkungan.

Selain itu, stabilitas ekonomi Portugal dalam beberapa tahun terakhir membuat negara ini menjadi negara paling terjangkau untuk ditinggali ketimbang negara Eropa lainnya.

7. Slovenia

Tingkat keamanan di negara Slovenia sangat baik, entah mengenai keselamatan dalam perjalanan, risiko medis atau keamanan. 

Saat ini, Slovenia berfokus pada peningkatan kualitas hidup di banyak bidang, termasuk keamanan.

8. Republik Ceko

Republik Ceko berada di posisi kedelapan. Selama bertahun-tahun, tingkat kejahatan di negara ini telah menurun secara signifikan. 

Frekuensi terorisme dan bencana alam di Republik Ceko juga tergolong rendah.

Selain itu, negara ini juga menerapkan sistem asuransi kesehatan yang baik, sehingga dapat menekan harga penggunaan fasilitas kesehatan menjadi cukup murah. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER