Oppenheimer Film Terpanjang Christoper Nolan, Biopik Fisikiawan Pencipta Bom Atom Pertama

22 Mei 2023 12:05 WIB

Narasi TV

"Oppenheimer" (2023). (Universal Pictures)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

 
Sutradara Christopher Nolan mengungkapkan film terbarunya yang bertajuk Oppenheimer akan menjadi film dengan durasi terpanjang yang pernah digarapnya, tiga jam.
 
Dikutip dari Variety melalui Antara pada Minggu (21/5/2023) waktu setempat, durasi Oppenheimer akan lebih panjang dari durasi film Insterstellar, film garapan Nolan dengan durasi terpanjang sebelum Oppenheimeryang berdurasi 2 jam 49 menit.
 
"Ini akan sedikit lebih panjang dari yang pernah kita buat," kata Nolan kepada majalah Total Film dikutip oleh Variety.
 
Film tersebut akan mengikuti kisah Oppenheimer ketika meluncurkan Proyek Manhattan dan mengawasi proses penciptaan bom atom.
 
"Saya pikir dari karakter yang pernah saya tangani, sejauh ini Oppenheimer adalah yang paling ambigu dan paradoksal," kata Nolan.

Para Pemeran

Aktor Cillian Murphy akan membintangi film garapan Nolan tersebut. Dia berperan sebagai seorang ahli fisika sekaligus "bapak bom atom" J. Robert Oppenheimer.
 
Cillian Murphy mengakui memerankan karakter Oppenheimer merupakan tanggung jawab yang besar namun dengan arahan Nolan dia merasa percaya diri.
 
"Kamu menyadari ini adalah tanggung jawab yang besar. Dia (Oppenheimer) adalah karakter yang rumit, kontradiktif, dan sangat ikonik. Tapi kamu tahu saya bersama salah satu sutradara terbaik sepanjang masa. Saya merasa percaya diri menjalankan ini bersama Chris. Dia memiliki pengaruh besar dalam hidup saya, secara kreatif dan profesional. Dia menawari saya peran yang sangat menarik dan menurut saya semuanya sangat menantang. Dan saya suka berada di lokasi syutingnya," kata Murphy.
 
Selain Murphy, film Oppenheimer juga dibintangi oleh:
 
  • Emily Blunt yang berperan sebagai seorang ahli biologi sekaligus istri Oppenheimer bernama Katherine.
  • Matt Damon sebagai Jenderal Leslie Groves Jr yang memimpin Proyek Manhattan.
  • Robert Downey Jr sebagai Lewis Strauss seorang komisaris pendiri Komisi Energi Atom AS.
  • Florence Pugh berperan sebagai psikiater Jean Tatlock.
  • Benny Safdie berperan sebagai fisikawan teoretis Edward Teller.
  • Michael Angarano berperan sebagai Robert Serber.
  • Josh Hartnett berperan sebagai ilmuwan nuklir Amerika Ernest Lawrence.
     
  • Film juga dibintangi oleh Rami Malek, Dane DeHaan, Dylan Arnold, David Krumholtz, Alden Ehrenreich dan Matthew Modine.
Ditulis dan disutradarai oleh Nolan, Oppenheimer diproduksi oleh Emma Thomas, Charles Roven dari Atlas Entertainment dan Nolan.
 
Film syuting di beberapa lokasi di Amerika Serikat, termasuk New Mexico, California dan New Jersey. Film ini membawa anggaran produksi sebesar 100 juta dolar AS.
 
Dalam cuplikan foto perdana Cillian Murphy yang berperan sebagai Oppenheimer digambarkan menatap tajam sambil merokok, sesuai catatan sejarah, di mana Oppenheimer adalah seorang perokok berat yang akhirnya menderita kanker tenggorokan.
 
Universal Pictures akan mendistribusikan "Oppenheimer" secara teatrikal di seluruh dunia dan akan merilis film tersebut di bioskop Amerika Utara pada 21 Juli 2023.
 
Film ini didasarkan pada buku pemenang Penghargaan Pulitzer "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" oleh Kai Bird dan mendiang Martin J. Sherwin.
 
Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR