Peace Out! Band Legendaris Aerosmith Umumkan Tur Perpisahan

4 May 2023 09:05 WIB

thumbnail-article

Vokalis Steven Tyler dan gitaris Joe Perry dari Aerosmith saat tampil di Air Canada Centre, Toronto, 2012. (ANTARA/Reuters/Igor Vidyashev/ZUMA Press, Inc)

Penulis: Dzikri N. Hakim

Editor: Akbar Wijaya

Penggemar Aerosmith masih memiliki kesempatan terakhir untuk melihat idola mereka di atas panggung.

Band legendaris asal Amerika ini baru saja mengumumkan akan mengadakan tur perpisahan, bertajuk “Peace O ut!”, yang akan dimulai pada 2 September 2023 mendatang.

Tur Aerosmith rencananya akan menampilkan 40 pertunjukan dengan daftar kota yang berbeda-beda. Secara spesial, pertunjukan di tempat band ini terbentuk, Boston akan dilangsungkan pada malam tahun baru 2024.

Tidak dengan Formasi Lengkap

Sayangnya momen-momen perjalanan menuju perpisahan itu harus dilaksanakan tanpa kehadiran salah satu nama pencetus band sekaligus drummer mereka, Joey Kramer.

Dengan demikian, band legendaris tersebut hanya menyisakan Steven Tyler, John Perry, dan Brad Whitford saja sebagai personel yang tergabung sejak formasi awal.

Keputusan berat itu harus diambil, lantaran Kramer harus menaruh fokus pada hal yang lebih krusial, yaitu pada keluarga dan kesehatannya.

"Sementara Joey Kramer tetap menjadi anggota pendiri Aerosmith yang dicintai, dia dengan berat hati membuat keputusan untuk tidak mengikuti tur yang dijadwalkan saat ini untuk memusatkan perhatian penuh pada keluarga dan kesehatannya," bunyi pernyataan band.

“Kehadiran Joey yang tak salah lagi dan legendaris di balik perangkat drum akan sangat dirindukan," tulis pernyataan itu.

Sebelumnya, pada tahun 2020 Kramer sempat didiagnosa mengalami cacat sementara yang membuatnya tidak mampu mengoperasikan pedal drum dengan baik.

Hal tersebut juga membuatnya kehilangan momen untuk bisa turut tampil di acara MusiCares dan Grammy Awards.

Akhir kiprah setelah 50 tahun eksis

“Ini bukannya ucapan selamat tinggal, tapi lebih ke ungkapan cabut dulu, ye!” dalam pernyataan resmi yang dirilis band.

Dalam pernyataan itu juga mengandung ajakan bagi para penggemar untuk menghadiri tur perpisahan mereka.

“Siapkan dirimu dan datanglah kemari, niscaya kau akan disuguhkan dengan pertunjukan paling mantap seumur hidup.”

Gitaris John Perry kepada Associated Press, mengatakan bahwa inilah waktu yang tepat untuk merayakan kebersamaan yang telah terjalin di band selama 50 tahun.

“Ini semacam kesempatan untuk merayakan 50 tahun kami di sini. Tidak ada yang tahu berapa lama lagi semuanya bakal dalam keadaan sehat buat melakukan hal seperti ini lagi.”

Pada tahun kemarin, Aerosmith sempat membatalkan beberapa konser mereka setelah sang vokalis, Steven Tyler harus menjalani proses rehabilitasi.

Terkait dengan tur perpisahan mendatang, Tyler lewat pernyataannya mengatakan akan mempersembahkan Peace Out! kepada para penggemarnya dan membuka Pandora’s Box untuk yang terakhir kalinya.

Ini mengacu pada kompilasi tiga album Aerosmith yang dirilis pada tahun 1991.

Jadwal tur peace out!

Tur yang rencananya diproduksi oleh Live Nation ini, akan memulai titik pertamanya di Philadelphia pada tanggal 2 September, dan tersebar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Titik-titik tersebut termasuk KIA Forum di Los Angeles, Madison Square di New York, Moody Center di Austin, Climate Pledge Arena di Seattle, United Center di Chicago, Scotiabank Arena di Toronto, dan masih banyak lainnya. Bisa dilihat secara lengkap di situs website aerosmith.com

Akhir agenda tur ini akan ditutup di Bell Centre, Montreal pada 26 Januari 2024.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER