Resmi! Jokowi Lantik AHY dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri

21 Feb 2024 17:02 WIB

thumbnail-article

Hadi Tjahjanto (kiri), Joko Widodo (tengah), dan Agus Harimurti Yudhoyono (kanan), usai pelantikan di Istana Negara pada Rabu (21/02). Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, secara resmi melakukan pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Tidak hanya itu, Jokowi juga menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono, atau biasa dikenal sebagai AHY, sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Badan Pertanahan Nasional.

Acara pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024. Pelantikan Hadi dan AHY didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/P Tahun 2024 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Selama acara tersebut, Jokowi memberikan sumpah jabatan kepada kedua menteri yang baru dilantik. Dalam sumpah jabatan tersebut, Presiden menegaskan komitmen untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan etika yang tinggi.

Sejumlah pejabat negara juga turut hadir dalam acara pelantikan Hadi dan AHY, antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, dan Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan.

Tampak juga kehadiran Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan beberapa menteri lainnya.

Hadi Tjahjanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, menggantikan posisi Mahfud Md yang mengundurkan diri dan secara resmi diberhentikan pada 2 Februari 2024. Sedangkan kursi Menteri ATR yang ditinggalkan Hadi kemudian diisi oleh AHY.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER