Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis 2024, Catat Jadwalnya Jangan Sampai Kelewatan

7 Maret 2024 19:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi mudik lebaran. ANTARA FOTO/Fauzan

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan program Mudik Gratis 2024 sebagai upaya untuk mendukung arus mudik dan arus balik selama perayaan Lebaran.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program ini, penting untuk memperhatikan informasi terkait jadwal dan kuota yang tersedia.

Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta tidak hanya menyediakan layanan untuk pemudik perorangan, tetapi juga untuk pemilik kendaraan roda dua.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat serta mengurangi penggunaan sepeda motor yang berlebihan selama musim mudik dan balik.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menjamin keselamatan para pemudik dengan melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (pra-ramp check) terhadap semua armada bus yang digunakan dalam program Mudik Gratis 2024.

"Pelaksanaan kegiatan pra-ramp check di terminal tipe A dilaksanakan mulai tanggal 21 Februari 2024 sampai dengan 31 Maret 2024 dan dilanjutkan selama angkutan lebaran berlangsung," ujar Syafrin Liputo selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, dikutip dari Tirto.id, Kamis (7/3/2024).

Proses uji kelaikan ini dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Terminal Angkutan Jalan (UPTAJ). 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, program Mudik Gratis 2024 ini ditujukan untuk warga DKI Jakarta dengan 19 kota atau kabupaten tujuan yang tersebar di enam provinsi di Pulau Jawa dan Sumatera.

Jadwal Mudik Gratis 2024 Pemprov DKI Jakarta

Program Mudik Gratis 2024 dari Pemprov DKI Jakarta direncanakan akan dimulai pada tanggal 3 April 2024 untuk truk pengangkut sepeda motor dan 4 April 2024 untuk bus penumpang.

Kuota pemudik pada tahun ini diperkirakan sekitar 27 ribu orang dengan anggaran sebesar Rp13 miliar. Program ini akan menyediakan 259 unit bus untuk arus balik dan 210 unit untuk arus pulang.

Selain itu, terdapat juga 13 unit truk untuk arus mudik dan 10 unit truk untuk arus balik yang akan digunakan untuk mengangkut sepeda motor.

Syafrin menyatakan bahwa target peserta program ini adalah sebanyak 18.760 warga DKI Jakarta, termasuk mereka yang ingin membawa sepeda motornya ke kampung halaman. Semua kendaraan roda dua akan diangkut sesuai dengan tujuan pemudik.

"Diperkirakan sebanyak 18.760 warga akan mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta," imbuh Syafrin.

Dengan semakin banyaknya warga yang mengikuti program Mudik Gratis, diharapkan risiko kecelakaan selama musim mudik dan balik dapat diminimalkan.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR