Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Berikut Kuota dan Formasi yang Dibutuhkan

3 Januari 2024 12:01 WIB

Narasi TV

Peserta bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Kampus Stie Amkop jalan Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan pada 2017 lalu. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan segera dibuka. Selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas pada Jumat (29/12/2023). Nantinya, informasi rekrutmen CPNS 2024 akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Januari 2024.

Rekrutmen CPNS kali ini difokuskan pada lulusan baru SMA dan sederajat serta fresh graduate perguruan tinggi. Alasannya adalah karena kuota fresh graduate pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun sebelumnya lebih sedikit. Meski begitu, jumlahnya belum bisa diumumkan secara pasti.

“Jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, presiden (Jokowi) akan mengumumkan,”ujar Anas pada Jumat (29/12/2023) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Kuota dan formasi

Selain fresh graduate, pemerintah juga akan memprioritaskan rekrutmen untuk mengisi formasi di bidang digital. Hal ini selaras dengan kebutuhan pemerintah untuk mempercepat digitalisasi, terutama pada bagian hulu.

“Salah satu fokusnya di talenta-talenta digital karena kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah,” ujar Anas.

Pemerintah juga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu memperkuat keamanan siber nasional. Kebutuhan lainnya yaitu pada posisi pariwisata nasional guna menggarap lima destinasi wisata super prioritas.

Terkait kuota sendiri, Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Aba Subagja menyebut sekitar 1,3 juta kuota penerimaan CPNS telah disiapkan. Angka ini berangkat dari sisa formasi 2023.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023,” ucap Aba pada Selasa (14/11/2023).

Aba berharap agar penerimaan CPNS 2024 tidak melebihi jumlah kuota yang sudah ditetapkan. Tujuannya agar setiap instansi dapat memaksimalkan potensi untuk penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun tersebut.

Dibuka formasi Calon Hakim

Selain formasi di atas, pemerintah berencana membuka rekrutmen untuk Calon Hakim (Cakim). Mengingat bahwa kekurangan pada posisi Hakim dari PNS cukup banyak sehingga perlu dibuka formasi tersebut.

Pengadaan Hakim nantinya akan diseleksi dari calon hakim yang berasal dari Analis Perkara Peradilan yang telah diangkat PNS dari penetapan kebutuhan CPNS. Selain itu, cakim yang diangkat juga telah memenuhi kualifikasi sebagai Cakim di Mahkamah Agung.

“Untuk menjadi hakim tentu dilakukan uji kompetensi kembali oleh Mahkamah Agung,” tegas Anas.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, persiapkan mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk terus update informasi terkait rekrutmennya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR