Pendaftaran SNBP 2023 Resmi Dibuka Hingga 28 Februari, Berikut Syarat dan Cara Mendaftarnya

15 Februari 2023 16:02 WIB

Narasi TV

Para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN, kini SNBP) 2021 Universitas Bangka Belitung. (ANATAR/ Elza Elvia)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) resmi dibuka sejak Selasa, 14 Februari hingga Selasa, 28 Februari 2023. Calon mahasiswa perguruan tinggi sudah bisa mengunjungi situs web snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk mendaftarkan diri.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa harus sudah terlebih dulu membuat akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) sebelum mengikuti SNBP. 

Bagi yang belum membuat akun, waktu pembuatan akun masih terbuka hingga Rabu, 15 Februari 2023.

Sebelum mendaftarkan diri dalam SNBP, ketahui lebih dulu persyaratannya sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 tahun 2023 yang berprestasi unggul.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi syarat yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Pastikan juga sudah terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang sudah diisikan di PDSS.
  5. Peserta yang memilih program studi (prodi) seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Selain memperhatikan syarat siswa, peserta yang mendaftar pun harus memperhatikan persyaratan SNBP untuk sekolah. 

Hal tersebut berkaitan dengan kuota pendaftaran SNBP yang dibuka dari setiap sekolah. Berikut persyaratan SNBP 2023 untuk sekolah:

  1. SMA, MA, dan SMK wajib memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  2. Sekolah Akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa terbaik di sekolahnya.
  3. Sekolah Akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaik di sekolahnya.
  4. Sekolah Akreditasi C dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaik di sekolahnya.
  5. Sekolah wajib mengisi PDSS. Data siswa yang diisikan hanya boleh yang eligible atau siswa yang berhak mengikuti SNBP 2023 sesuai ketentuan.

Cara Mendaftar SNBP 2023

Berikut cara mendaftar SNBP 2023:

1. Login melalui portal SNPMB

Pastikan kamu sudah memiliki akun SNPMB permanen dan tercatat sebagai siswa eligible yang diisikan nilainya secara lengkap dan final di PDSS oleh sekolah. Selain itu, kamu juga harus termasuk siswa lulusan 2023.

2. Validasi profil

Sebelum mendaftar, pastikan profilmu sudah benar walaupun data yang ada sudah tidak bisa diubah selain jumlah tanggungan orang tua.

3. Pemilihan program studi (prodi)

Untuk memilih program studi tujuan, klik menu “pilihan” kemudian pilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Politeknik Negeri, lalu pilih program studi. 

Kamu hanya bisa memilih maksimal 2 prodi dengan salah satunya memilih PTN yang berlokasi satu provinsi dengan asal sekolah. Jika kamu hanya ingin memilih satu prodi, maka kamu boleh memilih PTN atau Politeknik Negeri di mana saja.

4. Mengisi portofolio

Portofolio hanya diisi oleh kamu yang memilih prodi seni atau olahraga. Untuk portofolionya dapat kamu unggah sesuai instruksi yang bisa kamu unduh melalui aplikasi tersebut. 

Batas maksimal file yang bisa kamu unggah adalah 100 MB. Sangat disarankan untuk menggunakan komputer saat akan mengunggah portofolio dan jangan terlalu mendekati batas waktu penutupan pendaftaran SNBP.

5. Isi prestasi

Kamu dapat mengunggah 3 prestasi melalui menu “prestasi” dalam format PDF/PNG/JPG maksimal 100 MB. Ini bersifat opsional, jadi kamu tidak wajib melakukannya.

6. Finalisasi

Cek kembali apa yang sudah kamu pilih dan unggah karena setelah dilakukan finalisasi, data dan pemilihan prodi tidak bisa diulangi lagi. Setelah itu kamu bisa mengunduh kartu registrasi SNBP.

Jika kamu menemui kendala saat sedang mengikuti SNBP, kamu dapat menghubungi helpdesk SNPMB BPPP melalui halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau call center SNPMB di nomor 08041450450.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR