Pentingnya Meningkatkan Etos Kerja Agar Mendapat Karier Gemilang

21 Februari 2023 10:02 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang pekerja perempuan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Etos kerja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Frasa ini sangat sering kita temukan dalam dunia kerja, bahkan bagi para jobseeker pun sering dituntut untuk memilikinya. 

Menurut Darodjat Sinamo, etos kerja adalah fondasi dan sekumpulan perilaku positif yang terdiri dari motivasi penggerak seseorang, karakteristik utama, pemikiran dasar, spirit dasar, kode moral, kode etik, kode perilaku, aspirasi, sikap, keyakinan, standar, dan prinsip.

Etos kerja cenderung membuat orang melakukan semuanya secara optimal dan sempurna di setiap sisi kerja yang dilakukan, dan semakin berani untuk menjadi lebih baik. Tidak heran jika pekerja dengan etos kerja yang bagus sering mendapatkan promosi jabatan pada bidang pekerjaannya. Hal ini karena bagi orang yang memiliki etos kerja yang baik akan mampu mengembangkan diri maupun perusahaannya.

Jadi untuk pengertian secara sederhana, etos kerja dapat diartikan sebagai cerminan produktivitas, semangat, serta kedisiplinan di dalam diri. Seseorang dengan etos kerja tinggi akan memiliki produktivitas yang tinggi. Hal ini juga berlaku sebaliknya seseorang yang memiliki etos kerja rendah akan memiliki produktivitas rendah sehingga akan sulit mengembangkan karir dan perusahaannya.

Pentingnya memiliki etos kerja tinggi

Etos kerja yang tinggi merupakan sikap yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Saat di tempat kerja, ketika seseorang memiliki etos kerja yang tinggi maka orang lain akan memberikan penilaian yang positif terhadap dirinya.

Sebagian orang memang menilai bahwa gelar yang tinggi, sertifikasi atau bahkan pengalaman merupakan segalanya. Namun, semuanya akan kembali pada diri sendiri, seperti seberapa keras kamu bekerja, sejauh mana tingkat kreativitas yang digunakan untuk memecahkan masalah, dan seberapa besar tekadmu untuk mencapai tujuan.

Ketika kamu memiliki etos kerja yang baik, bukan hanya dirimu saja yang mendapatkan manfaatnya melainkan juga orang lain dan tempat kamu bekerja. Hal ini dapat terjadi disebabkan karena dengan memiliki etos kerja, maka bisa menghasilkan lingkungan kerja yang baik. Kerja keras dan rasa bertanggung jawab yang kamu tunjukkan dapat memengaruhi kinerja rekan kerja hingga atasanmu.

Karakteristik etos kerja tinggi

Seseorang yang memiliki etos kerja tinggi tentu saja memiliki karakteristik tersendiri. Karakteristik tersebut cukup mudah dilihat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Ulet dan tekun
  • Sederhana dan hemat
  • Bekerja dengan kedisiplinan tinggi
  • Menghargai waktu dan kerja keras
  • Bekerja dengan keseriusan merupakan moralitas
  • Masa depan menjadi orientasi ketika bekerja
  • Memiliki motivasi kerja yang tinggi baik internal maupun eksternal

Demikian informasi tentang etos kerja. Semoga bermanfaat.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR