Penyebab Kartu e-Money dan Flazz Terblokir ketika Bayar TransJakarta dan Cara Mengatasinya

6 Desember 2023 19:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pembayaran TransJakarta menggunakan kartu e-money dan Flazz. (Sumber:ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Bagi para pengguna transportasi umum TransJakarta, pengalaman diblokirnya kartu e-money atau Flazz mungkin menjadi hal yang tidak diinginkan.

Apalagi dengan penerapan sistem One Man One Card (Satu Pelanggan, Satu Kartu) oleh PT TransJakarta, di mana satu pelanggan hanya dapat menggunakan satu kartu pada saat tap-in dan tap-out di dalam kendaraan.

Jika terjadi kegagalan untuk melakukan tap-out di halte tujuan, sistem otomatis akan mengidentifikasi situasi tersebut dan mengakibatkan pemblokiran otomatis pada kartu.

Umumnya, terdapat beberapa faktor yang membuat kartu e-money atau Flazz terblokir ketika mengakses TransJakarta, di antaranya:

  • Tap-in tetapi tidak melakukan tap-out
  • Saldo kartu kurang dari saldo minimum yang ditentukan, 
  • Menggunakan kartu untuk lebih dari satu orang dalam satu waktu.

Apa yang perlu dilakukan jika kartu diblokir

Berdasarkan informasi dari situs resmi JakLingko, jika kartu Anda terblokir, Anda dapat meminta bantuan dari petugas lapangan setempat dan melaporkan insiden bahwa kartu e-money Anda terkunci.

Petugas akan melakukan riset kartu menggunakan perangkat yang tersedia di loket terdekat. 

Proses riset kartu yang dilakukan oleh pengguna sangat sederhana, hanya dengan satu kali tap dan blokir pada kartu Anda dapat dibuka.

Penting untuk dicatat bahwa jika pada perjalanan sebelumnya Anda telah melakukan tap-out dan saldo telah terpotong, maka saat melakukan reset kartu, saldo yang tertera pada validator akan menjadi Rp0.

Namun, jika pada perjalanan sebelumnya Anda belum membayar karena tidak melakukan tap-out, saat mereset kartu untuk membuka blokir, Anda akan dikenakan biaya sejauh perjalanan terjauh yang sesuai dengan peraturan transportasi umum yang digunakan sebelumnya.

Langkah tepat saat kartu e-money atau Flazz terblokir

Selanjutnya, ia memberikan panduan langkah-langkah yang perlu diambil ketika menghadapi situasi kartu terblokir di pintu masuk halte atau stasiun:

  • Pastikan untuk selalu melakukan tap-in dan tap-out pada setiap perjalanan.
  • Jika pada perjalanan sebelumnya Anda tidak melakukan tap-out, kartu akan menampilkan pesan untuk beralih ke kartu lain.
  • Jika menghadapi situasi seperti yang dijelaskan pada poin kedua, lakukan reset kartu melalui loket terdekat dengan meminta bantuan dari petugas.
  • Selain melakukan reset kartu, pastikan bahwa saldo yang terdapat di kartu mencukupi untuk membayar tiket perjalanan selanjutnya.
  • Proses reset kartu akan dikenakan biaya sejauh perjalanan terjauh yang telah dilakukan sebelumnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR