Perbedaan Kartu Kredit Visa dan Mastercard, Jenis hingga Biaya Transaksi

24 Jul 2024 17:07 WIB

thumbnail-article

Kartu kredit MasterCard dan VISA. (Sumber: REUTERS/Maxim Zmeyev)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Nasabah perlu mengetahui perbedaan antara Visa dan Mastercard. Kedua jenis kartu kredit ini memiliki keunggulannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Saat hendak membuat kartu kredit, customer service di bank biasanya akan bertanya apakah nasabah ingin memilih kartu Visa atau Mastercard. Lantas, apa perbedaan antara kartu kredit Visa dan Mastercard?

Sebelum mengetahui perbedaan di antara keduanya, simak pengertian dari Visa dan Mastercard berikut. 

Apa itu Visa dan Mastercard?

Visa dan Mastercard merupakan perusahaan yang memfasilitasi pembayaran saat berbelanja menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau kartu prabayar. Kedua kartu ini berperan sebagai penghubung antara nasabah, bank, dan penjual. 

Baik Visa maupun Mastercard sama-sama berperan dalam memastikan kepada bank penyedia kartu apakah pembayaran akan disetujui atau ditolak. Konfirmasi juga dilakukan kepada penjual, apakah transaksi akan dilakukan.

Jika telah disetujui, pembayaran akan diproses antara bank penyedia kartu dengan penjual.

Perlu diketahui bahwa Visa maupun Mastercard tidak melakukan penerbitan dan pendistribusian kartu kredit. 

Keduanya hanya memfasilitasi proses transaksi antara bank dengan penjual pada pembelian yang menggunakan kartu kredit. 

Perbedaan kartu kredit Visa dan Mastercard

Setelah mengetahui pengertian dan mekanisme Visa dan Mastercard, kini saatnya mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan yang paling tampak ada pada logo masing-masing. Kartu kredit Visa memiliki logo bertuliskan ‘VISA’ dengan huruf kapital berwarna biru. 

Sementara itu, kartu kredit Mastercard memiliki logo berupa lingkaran merah dan kuning yang bertumpang tindih dengan tulisan ‘Mastercard’.

Selain itu, perbedaan antara Visa dan Mastercard dapat dilihat dari beberapa aspek berikut.

1. Perusahaan

Visa dan Mastercard diterbitkan oleh perusahaan yang berbeda. Visa merupakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Visa Inc., sementara Mastercard diproduksi oleh Mastercard Worldwide. 

2. Popularitas

Visa lebih banyak digunakan di negara-negara Asia. Sementara itu, Mastercard lebih umum digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika. 

3. Jumlah pengguna

Meskipun jaringan negara yang dimiliki Mastercard lebih luas dibandingkan Visa, tetapi jumlah pengguna Visa secara global jauh lebih banyak dibandingkan Mastercard.

4. Sistem keamanan

Visa menggunakan pengamanan berupa pin statis atau One Time Password (OTP) melalui jendela Verified by Visa, sedangkan Mastercard menawarkan perlindungan tambahan berupa Secure Code yang harus dimasukkan saat bertransaksi secara daring.

5. Jenis kartu

Perbedaan selanjutnya antara Visa dan Mastercard ada di tipe kartu yang ditawarkan. Jenis-jenis kartu Visa meliputi Visa Infinite, Visa Classic, Visa Signature, Visa Platinum, dan Visa Gold. 

Sementara itu, kartu Mastercard meliputi World Mastercard, World Elite Mastercard, Mastercard Platinum, Mastercard Classic, dan Mastercard Gold.

6. Biaya transaksi

Terakhir, perbedaan antara Visa dan Mastercard ada pada biaya transaksi yang dikenakan. Jika Anda menggunakan Visa saat bertransaksi di luar negeri, biaya yang harus dibayarkan sebesar 1 persen dari total transaksi. 

Sedangkan untuk Mastercard, biayanya bervariasi mulai dari 0,2 persen hingga 1 persen tergantung merchant-nya. 

Demikian informasi seputar perbedaan antara kartu kredit Visa dan Mastercard, semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER