Update Arus Mudik: Perikiraan Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

5 Apr 2024 10:04 WIB

thumbnail-article

Seorang petugas mengatur arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah. Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada Jumat (5/4/2024) hingga Minggu (7/4/2024) pekan ini.

"Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5 sampai 7 April 2024," ujar Muhadjir Effendy pada konferensi pers, Senin (18/3/2024).

Sementara itu, Menko PMK tersebut juga memproyeksikan puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 14 sampai 15 April 2024.

Tradisi mudik ke kampung halaman menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Hari Raya Lebaran setiap tahunnya.

Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik tahun ini akan mencapai 193,6 juta orang, mengalami kenaikan sekitar 60 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 123,8 juta orang.

Masyarakat dihimbau atur jadwal mudik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan himbauan kepada masyarakat yang berencana mudik agar mengatur jadwal keberangkatan dengan bijaksana untuk menghindari puncak arus mudik Lebaran 2024.

Listyo menyarankan agar masyarakat dapat melakukan perjalanan lebih awal atau pada waktu siang hari ketika arus lalu lintas masih relatif lancar.

"Bisa manfaatkan waktu dan atur waktu untuk hindari puncak-puncak arus mudik. Yang biasanya mungkin melaksanakan kegiatan malam hari, ini bisa bergeser ke siang hari," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2024).

Listyo juga mengharapkan bahwa penyebaran waktu perjalanan mudik yang merata akan membantu menghindari penumpukan arus lalu lintas di jalur-jalur mudik.

"Karena itu tentunya kami semua mengimbau agar mudik berjalan aman dan lancar, agar apabila tidak ada kegiatan bisa mudik lebih awal dan cepat," tambahnya.

Pihak kepolisian akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas, termasuk kebijakan one way, contra flow, hingga ganjil-genap, untuk memperlancar arus mudik dan balik.

Selain itu, pemerintah telah menyiapkan insentif berupa diskon tarif jalan tol Trans Jawa dan luar Pulau Jawa sebesar 20 persen selama musim mudik Lebaran 2024.

Korlantas Polri akan menggelar Operasi Ketupat 2024 dari tanggal 4 hingga 16 April mendatang. Operasi tahunan ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus mudik-balik selama masa Lebaran 2024.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER