Piala AFF 2023: Timnas Indonesia Menang di Kandang Thailand, Patahkan "Kutukan" Selama 38 Tahun

25 Agustus 2023 01:08 WIB

Narasi TV

Sejumlah pemain tim nasional U-23 merayakan gol yang dicetak Jeam Kelly Sroyer (kedua dari kanan) pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23 melawan Thailand yang dimainkan di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Kamis (24/8/2023). ANTARA/HO-PSSI/pri. (ANTARA/HO-PSSI) (ANTARA/HO-PSSI)

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

 
Kemenangan yang diraih tim nasional sepak bola U-23 (timnas) atas Thailand dengan skor 1-3 di Stadion Provinsi Rayong, Kamis 25 Agustus 2023, merupakan sejarah istimewa karena menjadi keunggulan pertama Indonesia atas Thailand sejak 38 tahun terakhir.
 
"Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Thailand di kandang Thailand setelah 38 tahun. Saat itu di tahun 1985 pada Pra-Piala Dunia 86, lewat gol Heri Kiswanto ke gawang Somphong Nantaprapasin, Indonesia mengalahkan Thailand 1-0," ujar pengamat sepak bola nasional Akmal Maharli dikutip Antara, Jumat (25/8/2023).
 
Sejak 1977, sejarah mencatat bahwa Timnas Indonesia hanya enam kali menang atas Thailand, berbanding 16 kemenangan yang ditorehkan Timnas Thailand atas pasukan Merah Putih.
 
Dari deretan kemenangan Indonesia atas Thailand, mayoritas terjadi di kandang sendiri atau tempat netral, seperti pada 1979, 2011, dan 2019 kala laga digelar di Indonesia. Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023 kemenangan Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.
 
Namun, pada Kamis 24 Agustus 2023, kutukan tak pernah menang atas Thailand di markas lawan sejak 1985 akhirnya pupus.
 
Kesebelasan Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong tampil trengginas di hadapan puluhan ribu pendukung Thailand yang memadati Rayong Provincial Stadium.
 
Kemenangan Indonesia terasa manis. Sebab timnas berangkat ke Thailand dengan kekuatan minus akibat beberapa pemain utama tak diizinkan klubnya. Sebaliknya, Thailand yang turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna pada putaran grup malah dibuat tak berdaya oleh performa Skuad Garuda.
Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai kondisi dan mental tim yang bagus menjadi kunci tim asuhannya mengalahkan Thailand pada pertandingan semifinal Piala AFF U-23, Kamis malam.
 
Pasukan Garuda Muda mengamankan tiket final Piala AFF U-23 2023, setelah menaklukkan tim tuan rumah dengan skor 3-1 di Stadion Provinsi Rayong. Pada partai puncak, timnas U-23 akan berhadapan dengan raksasa Asia Tenggara lainnya, Vietnam.
 
"Sebenarnya kami hanya memiliki persiapan yang singkat sebelum datang ke Thailand, dan kami juga memiliki periode pemusatan latihan yang pendek. Maka hal yang paling penting dalam sepak bola adalah kondisi tim dan mental tim. Maka kami melakukan kerja sama tim dengan baik, mungkin itulah alasan mengapa kami bisa tampil bagus di fase ini," kata Pelatih Shin pada konferensi pers seusai pertandingan seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta, Jumat.
 
Menghadapi Vietnam yang kerap menjadi batu sandungan bagi timnas, Pelatih Shin menjanjikan bahwa pertandingan final akan berlangsung seru.
 
"Keempat tim yang lolos ke semifinal adalah tim-tim Asia Tenggara yang bagus, maka kami dapat mengharapkan pertandingan yang bagus di final," yakin pelatih asal Korea Selatan itu.
 
Nama bek Bagas Kaffa sempat mengisi daftar susunan pemain, namun ia kemudian diketahui mengalami cedera saat melakukan pemanasan, dan pada pertandingan kontra Thailand, posisinya diisi oleh Robi Darwis.
 
Pelatih Shin tidak membeberkan jenis cedera yang diderita pemain Barito Putera itu. Namun ia yakin Bagas tidak bisa dimainkan pada pertandingan final.
 
Sementara itu, perwakilan pemain pada konferensi pers yakni Muhammad Ferarri menumbuhkan nuansa optimistis menjelang pertandingan kontra Vietnam.
 
Ia berkaca pada pertemuan terakhir melawan Vietnam di SEA Games 2023, ketika timnas Indonesia U-22 kala itu mampu menang 3-2 atas lawan yang sama.
 
"Kami hanya fokus pada tim, tidak fokus pada lawannya. Kami banyak pengalaman juga ketemu Vietnam, dan pada pertandingan terakhir kami menang di SEA Games. Kami yakin pertandingan besok bisa menang. Insyaallah," ucap pemain Persija Jakarta itu.
 
Pertandingan final Piala AFF U-23 antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Sabtu (26/8) di Stadion Provinsi Rayong, Thailand.
 
Indonesia pun melaju ke final Piala AFF U-23 setelah menundukkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-1 dalam babak semifinal. Pada partai puncak, Garuda Muda akan berhadapan dengan Vietnam yang menang 4-1 atas Malaysia pada pertandingan semifinal yang dimainkan sebelumnya. Laga final akan berlangsung pada Sabtu pekan ini.
 
Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR