Respon Prabowo Subianto Usai Dapat Surat dari Joe Biden

15 Maret 2024 18:03 WIB

Narasi TV

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) dan Dubes AS untuk Asean, Yohanes Abraham (kanan) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024). Sumber: ANTARA/HO-Kementerian Pertahanan/aa.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Prabowo Subianto, Calon Presiden Republik Indonesia nomor urut 02, telah menerima ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, terkait kemenangannya dalam Pemilihan Presiden 2024.

Ucapan tersebut disampaikan melalui surat resmi dari Gedung Putih, Washington, pada tanggal 12 Maret 2024, yang diteruskan kepada Prabowo oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN, Yohanes Abraham, pada tanggal 14 Maret 2024.

Dalam surat tersebut, Biden mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan pemilihan presiden di Indonesia sebagai wujud dari komitmen bersama terhadap demokrasi.

Biden juga mengapresiasi kinerja Prabowo dalam penghitungan suara, serta menyoroti perannya sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang dianggapnya sangat penting.

Biden menegaskan pentingnya kerjasama dengan Prabowo dalam bidang pertahanan, menggarisbawahi upaya untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara melalui Comprehensive Strategic Partnership.

Biden juga menyoroti ikatan historis serta nilai-nilai yang sama antara Amerika Serikat dan Indonesia, termasuk visi demokrasi dan pluralisme global.

Prabowo, melalui akun Instagram resminya @prabowo, menyampaikan terima kasih atas ucapan dari Presiden Biden, serta berkomitmen untuk terus memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam berbagai bidang, sambil merayakan persahabatan yang telah terjalin selama lebih dari 75 tahun.

Isi surat Joe Biden

Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu - sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi - dan kepada Anda (Prabowo) atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya.

Kemitraan dengan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya ini. Saya berharap dapat memperkuat hubungan negara kita lebih jauh lagi seiring kita terus menerapkan Comprehensive Strategic Partnership [Kemitraan Strategis Komprehensif] dan menjajaki bidang kerja sama baru.

Bersama-sama, kita juga telah menjaga stabilitas internasional, termasuk mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman.

Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR