Prancis Vs Inggris di Perempat Piala Dunia Qatar 2022, Siapa Juarai Laga Bersejarah Fase Knock Out?

5 Desember 2022 07:11

Narasi TV

Inggris Vs Amerika Serikat - Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar - 25 November 2022 Para pemain Inggris berbaris selama lagu kebangsaan sebelum pertandingan REUTERS/Kai Pfaffenbach

Penulis: Agung Pratama S.

Editor: Akbar Wijaya

Prancis kontra Inggris akan bertemu di laga perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Laga Prancis vs Inggris akan dihelat pada 11 Desember 2022, di Al Bayt Stadium.

Pracis lolos ke laga perempat final setelah di babak 16 besar berhasil mengandaskan perjuangan Polandia. Sedangkan Inggris berhasil menumbangkan wakil Afrika, Senegal.

Kedua tim berangkat ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan modal yang menjanjikan. Prancis merupakan juara bertahan Piala Dunia 2018 Rusia, sedangkan Inggris merupakan Runner-up Piala Eropa 2020.

Hal ini membuat duel Prancis vs Inggris menjadi menarik, bagaimana sepak terjang keduanya di Piala Dunia 2022 ini?

Perjalanan Kedua Tim Menuju Duel Prancis Vs Inggris

Di Piala Dunia Qatar 2022 Prancis tergabung di grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia. Kendati sempat kalah 0-1 menghadapi Tunisia, Prancis berhasil keluar sebagai juara grup D setelah mengalahkan Australia 4-1 dan menumbangkan Denmark 2-1.

Kylian Mbappe dan Olivier Giroud tampil impresif dengan mencatatkan masing-masing 5 gol dan 3 gol.

Terbaru keduanya sama-sama menyumbang gol dalam kemenangan 3-1 Prancis atas Polandia. Mbappe berhasil mengemas dua gol dan Giroud satu gol.

Catatan ini juga membuat Mbappe memuncaki daftar top skor sementara Piala Dunia 2022 dan Giroud yang berada di posisi kedua.

Sedangkan Inggris tergabung di grup B pada Piala Dunia 2022 bersama dengan Wales, Iran, dan Amerika Serikat.

Melawan Iran pada laga perdana, The Three Lions berhasil menang besar 6-2, lalu ditahan imbang Amerika Serikat 0-0, dan menang 3-0 atas Wales pada laga terakhir.

Marcus Rashford dan Bukayo Saka masuk menjadi andalan pasukan Gareth Southgate dengan masing-masing mencatatkan 3 gol dan 2 gol.

Pada laga 16 besar, Inggris berhasil mengungguli Senegal 3-0. Lini belakang Inggris juga tampil solid karena baru kebobolan dua gol sampai dengan babak 16 besar.

Rekor Pertemuan Prancis Vs Inggris

Duel antara Prancis dan Inggris di perempat final Piala Dunia 2022 akan menjadi duel ke 32 bagi keduanya baik pada laga resmi maupun persahabatan.

Dalam 31 pertemuan sebelumnya, Inggris mendominasi dengan 17 kemenangan, sedangkan Prancis mencatatkan 9 kemenangan, dan lima sisanya berakhir sama kuat.

Menariknya, pada delapan pertemuan terakhir, Prancis berhasil meraih lima kemenangan sedangkan Inggris hanya berhasil meraih satu kemenangan dan dua kali sisanya berakhir seri. Menarik disimak siapa yang akan menambah catatan kemenangan pada laga perempatfinal nanti.

Selain itu, jika melihat dari daftar top skor sementara dan produktivitas keduanya sampai dengan babak 16 besar, suguhan partai yang terbuka menjadi sesuatu yang patut ditunggu dari duel antara Prancis Vs Inggris.

Keduanya juga saat ini berada pada lima besar rangking FIFA, Inggris menempati posisi kelima dan Prancis berada pada posisi keempat.

Duel Pertama Prancis vs Inggris di Fase Knockout Piala Dunia

Perempat final antara Prancis Vs Inggris pada Piala Dunia 2022 Qatar ini kan jadi kali pertama keduanya bertemu di fase knockout Piala Dunia.

Prancis dan Inggris hanya pertama berjumpa dua kali di Piala Dunia, yaitu pada tahun 1966 dan 1982 dan dilaksanakan di fase grup saat itu. Dalam dua pertemuan tersebut, Inggris berhasil memenangi keduanya.

Pada Piala Dunia 2018, mereka berpotensi bertemu pada laga final. Keduanya sama-sama mencapai fase semifinal, di mana Prancis berhasil mengalahkan Belgia 1-0 untuk mengamankan tempat mereka di final, sedangkan Inggris harus mengakui keunggulan Kroasia saat itu.

Kombinasi Pemain Muda dan Senior Pada Skuad Prancis dan Inggris

Berdasarkan data transfermarkt, rataan usia skuat Inggris dan Prancis tidak jauh berbeda. Rataan usia skuat Prancis yaitu 26,5 tahun, sedangkan skuat Inggris rataan usianya berada pada 26,4 tahun.

Baik Prancis maupun Inggris memang mengkombinasikan pemain muda dan senior dalam skuat mereka. Seperti Prancis yang membawa pemain-pemain senior seperti kiper Hugo Lloris, Raphael Varane, Olivier Giroud, dan Antoine Griezmann yang dipadukan dengan pemain muda seperti Kylian Mbappe, Aurelien Tchouameni, Ibrahima Konate, dan Eduardo Camavinga.

Skuat Inggris membawa pemain-pemain senior seperti Jordan Henderson, Harry Kane, Kyle Walker, Harry Maguire yang bersanding dengan pemain muda macam Bukayo Saka, Phil Foden, serta gelandang mereka yang sedang naik daun Jude Bellingham.

Para punggawa muda Inggris cukup berperan banyak pada Piala Dunia 2022, seperti top skor sementara tim inggris yang dipegang Marcus Rashford dengan tiga gol. Selain itu ada juga nama Bukayo Saka, Jude Bellingham, dan Phil Foden dalam list pencetak gol Inggris.

Harry Kane sebagai kapten tim dan salah satu pemain senior dalam tim juga berperan menjadi penyumbang assist terbanyak dalam tim dengan tiga assist sejauh ini.

Pada Skuad Prancis, kombinasi pemain senior dan pemain muda terasa di lini serang mereka dengan Kylian Mbappe dan Olivier Giroud. Dalam piala dunia keduanya, Mbappe tampil impresif bukan hanya dengan lima gol, tapi juga sudah mencatatkan dua assist. Ada pula nama Ousmane Dembele, dan Theo Hernandez yang sudah catatkan dua assist dalam piala dunia ini.

Menarik ditunggu duel antara Prancis vs Inggris yang mana pemenangnya akan berpotensi bertemu dengan pemenang dari laga Maroko melawan Spanyol dan Portugal melawan Swiss.

Apakah Prancis berhasil menjaga asa mereka untuk menjaga title juara Piala Dunia atau Inggris akan melangkah kembali ke semifinal Piala Dunia? Mari kita tunggu duel keduanya pada 11 Desember 2022.

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya