Presiden Iran Ebrahim Raisi Dipastikan Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter, Ini Fakta-Fakta yang Harus Kamu Ketahui

20 Mei 2024 14:05 WIB

Narasi TV

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dan Menteri Luar Negeri, Hossein Amirabdollahian, dikonfirmasi meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter, Minggu (19/5/2024).

Apa saja hal yang perlu kita ketahui hingga sejauh ini?

Fakta Penting:

  • Pesawat jatuh di provinsi Azerbaijan Timur Iran, menewaskan Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Amirabdollahian, dan tujuh orang lainnya.
  • Ayatollah Ali Khamenei memastikan stabilitas, dengan wakil presiden mengambil alih kekuasaan dan pemilihan baru dalam 50 hari.
  • Emir Qatar dan Perdana Menteri Irak menyampaikan belasungkawa kepada Iran.
  • Kondisi cuaca buruk diperkirakan menjadi penyebab kecelakaan, dengan tidak ada panggilan Mayday dari pilot.
  • Jenazah Raisi akan dikirim ke kota Tabriz untuk dimakamkan.
  • Analis politik memperhatikan bahwa Iran mampu menyerap guncangan politik dari kehilangan Raisi.
  • Jaksa Agung Tehran mengeluarkan peringatan terhadap berita palsu tentang insiden helikopter yang hilang.

Tidak Ada Panggilan Mayday

🆘  Analis penerbangan mengungkapkan bahwa ketiadaan panggilan darurat dari pilot menunjukkan adanya masalah kontrol serius. Kondisi cuaca buruk dan medan berbukit kemungkinan juga berkontribusi pada kecelakaan tersebut.

💔 Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengungkapkan penghormatan kepada Presiden Raisi melalui sebuah kiriman di media sosial. Jenazah Raisi saat ini dalam proses pengiriman ke kota Tabriz, tetapi masih belum jelas kapan dan di mana pemakaman akan dilaksanakan.

Yuk, kita kupas fakta-fakta seru tentang helikopter Bell 212 yang bikin heboh dunia penerbangan!

Fakta Helikopter Bell 212

  • Bell Helicopter (sekarang Bell Textron) bikin pesawat ini pada akhir 1960-an sebagai upgrade dari UH-1 Iroquois buat militer Kanada.
  • Desain anyar pake dua mesin turboshaft, bukan cuma satu, jadi makin gahar dan bisa angkut lebih banyak!
  • Dokumen pelatihan militer AS ngasih tau, helikopter ini muncul pertama kali tahun 1971 dan langsung ngehits di AS dan Kanada.
  • Dirancang buat bawa perlengkapan pemadam kebakaran, kargo, dan senjata.
  • Helikopter serupa pernah mengalami kecelakaan tragis pada September 2023, di lepas pantai Uni Emirat Arab!

Pemerintahan Iran Baik-Baik Saja

  •  Ali Khamenei mengatakan tidak akan ada gangguan dalam bagaimana Iran dijalankan. Wakil presiden Iran akan mengambil alih kekuasaan presiden dan pemilihan baru akan diadakan dalam waktu 50 hari untuk selanjutnya mengarah pada pemilihan presiden baru.

  • Ebrahim Raisi dianggap sebagai calon Pemimpin Tertinggi masa depan Iran, menjadi tokoh konservatif yang terkemuka dalam politik Iran.

Apa kata Mereka

🕊️ Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei menegaskan bahwa Iran akan tetap stabil usai Raisi dan Amirabdollahian dipastikan meninggal dunia. Sebagai langkah awal, wakil presiden akan mengambil alih kekuasaan, dan pemilihan presiden baru akan digelar dalam waktu 50 hari. Solidaritas juga mengalir dari berbagai negara di seluruh dunia.

🇶🇦 Qatar Mengirim Pesan Belasungkawa Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar mengirimkan pesan belasungkawa kepada Iran. Dalam pernyataan yang disampaikan, Qatar menyatakan dukanya atas kehilangan yang mendalam dan memohon rahmat dari Allah bagi para korban dan keluarga mereka yang ditinggalkan.

🇮🇶 PM Irak: Ungkapan Belasungkawa yang Tulus Perdana Menteri Irak, Shia al-Sudani, juga menyampaikan solidaritas dan belasungkawa kepada Iran. Dalam pernyataan resminya, ia menegaskan dukanya atas kehilangan yang tragis dan mengucapkan simpati kepada keluarga korban.

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR