Profil Aliuyanto, Sosok Dibalik Kesuksesan Restoran Solaria di Indonesia

2 May 2024 09:05 WIB

thumbnail-article

MUI simpulkan bumbu Solaria Balikpapan tak berunsur babi Ketum PBNU Said Aqil Siraj (kiri) saat memberi sertifikat halal pada Direktur Solaria Aliuyanto di gedung PBNU, Jakarta Pusat. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang tidak tahu Solaria? Restoran ini sering ditemui di pusat perbelanjaan di Indonesia. Dibalik kesuksesan Solaria, ada peran penting Aliuyanto yang mendirikan restoran berwarna ungu tersebut. Berikut profil Aliuyanto pemilik Solaria.

Solaria merupakan salah satu restoran keluarga yang mudah ditemui di Indonesia, khususnya ketika sedang berada di mall. Berbagai makanan dan minuman khas Indonesia dijual di sini dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp9.000.

Kesuksesan Solaria membuka gerai di mana-mana tidak terlepas dari campur tangan pemiliknya. Dengan modal pas-pasan, kini restoran tersebut menjadi andalan dan selalu ramai di setiap gerainya.

Lantas, siapakah pemilik Solaria? Simak profil lengkapnya berikut ini!

Profil Aliuyanto, pemilik Solaria

Namanya Aliuyanto. Ia adalah pendiri sekaligus pemilik restoran Solaria. Aliuyanto lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 1985. Setelah lulus, lelaki keturunan Tionghoa tersebut tidak langsung terjun ke dunia bisnis.

Ia mengawali karier sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta. Selama bekerja di sana, Aliuyanto tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan potensi. Ia pun selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk ditabung. Hasil tabungan ini digunakan untuk membangun bisnis kuliner yang diberi nama Solaria.

Pada 1991, Aliuyanto resmi membuka restoran Solaria pertamanya di kawasan ruko Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Saat itu, karyawan Solaria hanya berjumlah empat orang saja. 

Kesuksesan bisnis tersebut tidak terlepas dari strategi yang digunakan oleh Aliuyanto. Di gerai pertamanya, Aliuyanto menawarkan makanan dengan porsi yang cukup besar dengan rasa yang pas di lidah. Strategi ini dapat mendatangkan banyak konsumen.

Aliuyanto memang tidak memiliki bakat memasak. Namun, semangat dan keteguhan tekadnya membuat Aliuyanto mantap mendirikan restoran. Menu yang ditawarkan Solaria cukup beragam. Mulai dari olahan ayam, bakso, nasi goreng, mi goreng, kwetiau, dan masih banyak lagi.

Perjuangan Aliuyanto mendirikan dan mempertahankan bisnis Solaria memang tidak mudah. Perlu waktu cukup lama bagi Aliuyanto mengenalkan Solaria kepada khalayak luas. Namun, semua bisa dilaluinya dengan baik.

Pada 1995, terdapat 10 gerai Solaria yang tersebar di seluruh Indonesia. Per 2023, Solaria telah memiliki lebih dari 200 gerai dengan mempekerjakan ribuan karyawan.

Untuk mengelola bisnisnya, Aliuyanto menerapkan prinsip yang sangat sederhana. Setiap hambatan harus diselesaikan dengan ilmu dan kemampuan. Di satu sisi, Aliuyanto juga cukup teliti dalam mengawasi dan mencatat keuangan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER