Profil Chico Hakim: Mantan Jubir Ganjar-Mahfud yang Mendadak Viral di Medsos

6 Sep 2024 09:09 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar - Jubir TPN Ganjar-Mahfud Chico Hakim. Sumber: ANTARA.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Sosok Chico Hakim alias Cyril Raoul Hakim tengah ramai diperbincangkan publik usai debat panas antara Silfester Matutina dengan Rocky Gerung di salah satu acara televisi.

Tensi ketegangan keduanya semakin memanas sampai harus dipisahkan oleh Aiman Witjaksono yang menjadi pemandu acara. Namun, fakta lainnya adalah kisruh debat tersebut tidak hanya melibatkan dua tokoh.

Juru Bicara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Chiko Hakim itu juga sempat bersitegang dengan Ketua Umum Solidaritas Merah Putih Silfester Matutina

Chico yang berniat memisah Rocky Gerung dengan Silfester Matutina justru tersulut emosi. Dia pun sempat terlihat adu mulut dengan Silfester seperti yang viral diunggah akun @medsos_rame.

Usai videonya viral, Chiko melalui akun X pribadinya @chicohakim, mengatakan jika semua pihak yang terlibat percekcokan sudah menyelesaikan masalah dan saling memaafkan.

"Intinya niat nya untuk menyudahi cekcok nggak berujung antara keduanya. Alhamdulillah setelah adegan ini semua clear kok. Kita semua sudah bersalam-salaman dan lanjut ke segmen terakhir dengan closing statement masing2," ungkap Chico lewat akun media sosial X miliknya.

Lantas siapa sebenarnya Chico Hakim? Seperti apa latar belakangnya?

Profil Chico Hakim

Cyril Raoul Hakim atau akrab disapa Chico Hakim muali dikenal publik saat ia dipercaya menjadi juru bicara pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Pemilihan Presiden 2024 lalu.

Secara latar belakang akademisi, Chiko tercatat pernah menempuh pendidikan di sejumlah kampus bergengsi. Chiko tercatat merupakan lulusan dari Hawaii Pacific University (1991-1992), London School of Public Relation (1992), California State University (1993-1995), dan New York University (1995-1997). Secara keseluruhan, dari universitas tersebut, ia mengambil jurusan keuangan dan komunikasi. 

Sebelum akhirnya memutuskan resmi berlabuh ke partai Banteng, Chiko terlebih dulu gabung sebaebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Diketahui, Chico Hakim pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Departemen Pemuda PAN pada 1998 – 2000. Kemudian, menduduki posisi Ketua DPW PAN Bali periode 2005 – 2010, dan Ketua PAN pada 2010 – 2012.

Selain aktif sebagai politikus, Chico Hakim juga berkecimpung di dunia bisnis. Ia pernah menjadi Direktur Millenium Productions pada 1998 – 2002, Komisioner PT Kharisma Kamikawa pada 2020-2022, dan Penasihat Bisnis Senior PT Global Sarana Trading sejak tahun 2022 hingga saat ini.

Jika dilihat dari kehidupan keluarga, Chiko Hakim merupakan mantan suami aktris sekaligus politikus Wanda Hamidah. Mereka menikah selama lebih kurang sebelas tahun, bercerai pada tahun 2012 lalu. 

Di tahun 2017, Chico Hakim menikah lagi dengan Citra Pranindita S. Hakim. Namun, istri keduanya itu meninggal dunia pada 14 Juli 2021 karena terkena Covid-19. 

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER