Profil Gibran Rakabuming Raka, dari Wali Kota Solo Menuju Wakil Presiden Indonesia

13 November 2023 13:11 WIB

Narasi TV

Gibran Rakabuming Raka. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Gibran Rakabuming Raka, juga dikenal sebagai Gibran Raka, menjabat sebagai Wali Kota Solo untuk periode masa jabatan 2021-2024. Lahir pada 1 Oktober 1987 di Surakarta, dia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Joko Widodo dan Iriana.

Jokowi, ayah Gibran, adalah Presiden Republik Indonesia yang menjabat selama dua periode, yaitu pada 2014-2019 dan 2019-2024.

Gibran sendiri menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mangkubumen Kidul, Surakarta, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta. Setelah lulus SMP, Gibran melanjutkan pendidikannya di Orchid Park Secondary School, Singapura, pada tahun 2002.

Selanjutnya, Gibran melanjutkan studi di perguruan tinggi di Singapura dan Australia. Ia menyelesaikan pendidikan di Management Development Institute of Singapore pada 2007 dan Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Australia, pada 2010.

Setelah menyelesaikan studinya, Gibran kembali ke Indonesia dan mendirikan usaha di bidang makanan, terutama katering yang diberi nama Chilli Pari.

Melebarkan sayap di bisnis kuliner

Seiring dengan perkembangan bisnisnya, Gibran juga mendirikan pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan dengan nama House of Knowledge. Selanjutnya, ia membuka usaha makanan berfokus pada martabak manis dengan nama Markobar di Solo.

Bisnis Markobar tumbuh pesat dan kini memiliki 33 outlet di seluruh Indonesia. Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015, dan dari pernikahan mereka, pasangan ini dikaruniai dua anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra (2016) dan La Lembah Manah (2019).

Pada 2017, ia mendirikan restoran Pasta Buntel yang berfokus pada masakan Italia. Ia juga terlibat dalam usaha kopi dengan mendirikan CS Coffee Shop dan Ceker Ayam Bakar.

Di bidang lain, Gibran mendirikan usaha perbaikan elektronik, khususnya reparasi produk Apple, dengan nama iColor pada 2016. Pada tahun yang sama, ia juga mendirikan usaha jas hujan dengan nama Tugas Negara Bos.

Pada 2018, Gibran bersama temannya, Kevin Susanto, mendirikan perusahaan startup di bidang kuliner bernama Goola. Perusahaan ini berhasil menerima pendanaan sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp70 miliar dari Alpha JWC Ventures.

Sebagai bentuk kerjasama dengan adiknya Kaesang Pangarep dan chef Arnold Poernomo, Gibran mendirikan restoran Mangkok Ku pada tahun yang sama.

Selain itu, Gibran dan Kaesang juga menciptakan produk makanan dan minuman dengan merek Kemripik dan Ngedrink, mendirikan startup kuliner Semarang bernama Madhang, serta menciptakan aplikasi pencari kerja, Kerjaholic. Gibran pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo dan Komisaris PT Rakabu Sejahtera.

Karier politik Gibran Rakabuming

Pada tahun 2020, secara mengejutkan, Gibran memulai karier politiknya dengan mendaftar sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kantor dewan pimpinan cabang (DPC) Solo.

Tujuan pendaftarannya adalah untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada pemilihan 2020. Gibran dan pasangannya, Teguh Prakasa, didukung oleh PDIP dan menerima dukungan dari beberapa partai lain, termasuk Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Gibran memenangkan pemilihan dengan perolehan suara sebesar 86,53%, atau setara dengan 225.451 suara, mengalahkan pasangan Bagyo Wahyono dan FX Suparjo. Ia resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021.

Pada 22 Oktober 2023, Gibran dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden (Bacapres), Prabowo Subianto. Pengumuman tersebut dilakukan setelah hasil rapat ketua umum partai politik koalisi Indonesia Maju (KIM).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR