6 Prospek Kerja Manajemen yang Menjanjikan

3 Mar 2023 15:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang perempuan yang berprofesi sebagai akuntan, salah satu prospek kerja lulusan manajemen. (Sumber: Freepik/jcomp)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Prospek kerja manajemen bukan melulu berkutat dengan keuangan. Banyak posisi tertentu di dalam perusahaan yang dapat diisi oleh lulusan manajemen. 

Melansir situs Cambridge College, studi bidang manajemen akan membantu para mahasiswanya untuk mengmbangkan kemampuan yang berguna bagi dunia bisnis.

Kemampuan yang berguna tersebut, misalnya, kepemimpinan dan kerja sama, serta teori dan praktik tentang cara kerja bisnis.

Dengan bekal kemampuan macam itu, lulusan manajemen sebenarnya bisa bekerja di berbagai bidang perusahaan.

Sebagai lulusan manajemen, kamu bisa mendaftar ke perusahaan profit atau non-profit, atau bahkan memulai bisnis sendiri.

Prospek kerja lulusan manajemen

Berikut adalah enam prospek kerja manajemen yang cukup menjanjikan. 

Jika kamu seorang mahasiswa atau lulusan jurusan manajemen, enam bidang pekerjaan berikut bisa kamu gunakan sebagai gambaran tempat setelah selesai dari bangku perkuliahan.

1. Akuntan

Prospek kerja manajemen yang pertama adalah akuntan. Hal tersebut dikarenakan akuntan merupakan profesi yang diperlukan oleh banyak perusahaan.

Sebagai akuntan, kamu akan bertugas untuk mengelola data keuangan perusahaan agar tercatat dengan baik.

Mengingat perusahaan yang baik adalah perusahaan dengan pencatatan keuangan yang baik, profesi akuntan akan jadi profesi yang penting selama perusahaan berdiri.

2. Marketer

Bidan marketing atau pemasaran juga jadi salah satu prospek kerja yang menarik. Tidak sedikit alumni jurusan manajemen yang melanjutkan karir di bidang marketer saat lulus kuliah. 

Profesi marketer bertugas untuk memasarkan produk, mengatur pengadaan iklan produk, menentukan target pasar, juga tugas lainnya yang menguntungkan perusahaan.

Oleh karena itu skill komunikasi, kreativitas, negosiasi, analitis, dan public speaking diperlukan untuk menjadi marketer.

3. Recruiter

Bukan sekadar urusan uang dan pasar, alumni manajemen juga bisa menjadi seorang recruiter bagi sebuah perusahaan. 

Hal tersebut dikarenakan jurusan manajemen di beberapa universitas kini sudah memiliki program peminatan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dapat membuka kesempatan untuk menjadi seorang recruiter

Hal tersebut membuat lulusan jurusan manajemen memiliki kompetensi untuk bekerja di bidang manajemen SDM.

4. Staf operasional

Prospek kerja manajemen lainnya adalah dengan menjadi staf operasional, di samping akuntan, marketer, dan recruiter

Pekerjaan ini berfokus pada produksi barang, jasa, dan sistem yang ditawarkan oleh perusahaan.

Staf operasional bertugas untuk memastikan faktor produksi tidak terbuang dengan sia-sia. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan barang semaksimal mungkin.

5. Entrepreneur

Benar bahwa semua orang bisa menjadi pengusaha, termasuk mereka yang bukan lulusan manajemen. 

Akan tetapi perlu disadari bahwa menjadi seorang pengusaha harus dapat memanajemen sumber daya yang dimiliki, termasuk pengelolaan uang, agar bisa menjalankan usaha dengan baik.

Ilmu yang didapatkan saat kuliah manajemen dapat membantumu menjadi entrepreneur yang sukses. 

Hal tersebut dikarenakan seseorang telah menguasai manajemen risiko, manajemen keuangan, bahkan manajemen operasional.

6. Account executive

Account executive merupakan posisi yang menjadi prospek kerja manajemen. Ini adalah opsi lain jika kamu, yang merupakan lulusan manajemen, tengah mencari pekerjaan berkaitan dengan manajemen. 

Seorang account executive bertanggung jawab untuk memperoleh klien baru serta memelihara hubungan yang baik dengan klien. 

Seorang account executive juga bertugas merencanakan langkah strategis untuk membantu klien mencapai tujuan tertentu. 

Bekal pengetahuan tentang manajemen bisnis dapat sangat berguna untuk mencapai kesepakatan dengan perusahaan lain atau seorang klien.

Oleh karenanya, para lulusan jurusan manajemen bisa memanfaatkan ilmu yang ia punya untuk menjadi account executive yang baik.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER