PSI Bakal Usung Kaesang Jadi Cagub DKI Jakarta

1 April 2024 15:04 WIB

Narasi TV

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep (tengah) melambaikan tangan ke arah kader-kader usai menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Ketua DPP PSI William Aditya Sarana menyebut partainya berencana mengusung Kaesang Pangarep sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta dalam Pilkada 2024. 

Putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum PSI itu akan diusung partai jika syarat administratif terpenuhi. 

"Kalau secara administratif bisa terpenuhi, saya kira salah satu sosok yang bisa diusung adalah Mas Kaesang," kata William dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024), dikutip dari Antara

Syarat administratif yang dimaksud mengacu pada batas usia untuk menjadi cagub DKI Jakarta sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Pasal 7 ayat (2) huruf e UU 10/2016 menyebut syarat menjadi calon gubernur dan calon wakil gubernur yaitu berusia paling rendah 30 tahun, sedangkan calon bupati dan calon wakil bupati serta calon wali kota dan calon wakil wali kota minimal berusia 25 tahun.

Saat ini, Kaesang baru berumur 29 tahun, dan akan genap berusia 30 tahun pada 25 Desember 2024. 

Pada 2019, PSI melalui kadernya antara lain Tsamara Amany dan Faldo Maldini mengajukan permohonan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menurunkan batas usia calon kepala daerah.

Gugatan diajukan terhadap Pasal 7 ayat (2) huruf e yang dinilai diskriminatif dan bertentangan dengan Pasal 18 ayat (4) UUD 1945 yang menyebut bahwa kepala daerah dipilih secara demokratis. Namun, MK saat itu tak meloloskan gugatan Tsamara dan Faldo.

Selain Kaesang, PSI juga telah menyiapkan beberapa sosok internal untuk diusung sebagai cagub DKI Jakarta. Salah satu nama yang mencuat yakni Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie.

“Kita ada beberapa figur internal, ada beberapa figur yang saya kira pantas. Kami ada Sis Grace [Natalie]," ujar William.

Berdasarkan penuturan William, Grace mendapatkan suara tertinggi di daerah pemilihan (Dapil) Jakarta III (Jakarta Barat dan Jakarta Utara) pada Pileg 2024 yakni sebesar 193.556 suara. Menurutnya, perolehan itu menunjukkan kepercayaan masyarakat Jakarta yang besar terhadap Grace Natalie.

"Saya kira kepercayaan masyarakat ke Sis Grace itu besar. Berarti beliau dipercaya oleh masyarakat Jakbar dan Jakut," pungkasnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR