Puasa Ramadhan 2024 Tinggal Berapa Hari Lagi?

2 Apr 2024 17:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ibadah puasa Ramadan 2024 yang tinggal menghitung hari sebelum Idulfitri. (Sumber: Freepik/pvproductions)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Tanpa terasa Ramadhan 1445 H/2024 sudah memasuki 10 hari terakhir, yang artinya bulan penuh berkah ini tidak lama lagi akan meninggalkan kita. Lantas puasa tinggal berapa hari lagi?

Sebelum membahas lebih lanjut, momen-momen puasa Ramadan 2024 yang sudah memasuki 10 hari terakhir ini bukan berarti mengendurkan semangat beribadah.

Hal tersebut dikarenakan pada 10 hari terakhir Ramadan, terdapat kesempatan umat Islam untuk menjumpai malam Lailatul Qadar yang bernilai lebih baik dari seribu bulan.

Terdapat beberapa amalan sunah yang bisa diamalkan pada 10 malam terakhir, dalam hadits riwayat Imam Al-Bukhari. Nabi Muhammad saw. bersabda: 

  مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه، وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya, "Barangsiapa melaksanakan puasa Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya), maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya, dan barangsiapa menegakkan malam Lailatul Qadar (mengisi dengan ibadah) karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya." (HR Al-Bukhari)

 

Tinggal berapa hari lagi puasa Ramadhan 2024?

Jika kita merujuk pada kalender Ramadan yang ditetapkan oleh Muhammadiyah di mana puasa Ramadan dimulai pada 11 Maret 2024, maka ibadah puasa Ramadan dilaksanakan hingga tanggal 9 April 2024 mendatang.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan tanggal 1 Ramadan 1445 H jatuh pada 12 Maret 2024, sehari setelah perhitungan Muhammadiyah. 

Pelaksanaan ibadah puasa sesuai versi pemerintah tersebut diperkirakan akan selesai pada 9 April 2024, namun sampai tanggal berapa persisnya puasa Ramadan 2024 versi pemerintah baru akan diketahui setelah sidang isbat penentuan 1 Syawal.

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, pemerintah sendiri memperkirakan Idulfitri akan jatuh pada tanggal 10-11 April 2024 mendatang.

Sementara sidang isbat penentuan Idulfitri 2024 sendiri direncanakan digelar pada 9 April mendatang.

Maka jika dihitung mundur, puasa Ramadhan—berdasarkan versi pemerintah maupun Muhammadiyah—akan berakhir kurang lebih 8 atau 9 hari lagi per Selasa, 2 April 2024.

Amalan sunah sepuluh hari terakhir Ramadan 2024

Mengutip dari laman NU Online, terdapat beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, yaitu:

  • Salat Tahajud.
  • Memperbanyak bacaan Al-Qur’an.
  • Membaca doa yang telah diajarkan para nabi.
  • Tafakur.

 

Terkait bacaan doa yang diajarkan Nabi Muhammad saw. adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي  

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni.  

Artinya, "Sesungguhnya Engkau Zat yang Maha Memaafkan, menyukai memaafkan maka maafkanlah aku."  

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad sebagai berikut:  

وَعَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَرَأَيْتَ إنْ وَافَقْت لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

 

Artinya, "Dari 'Aisyah, beliau berkata, "Aku bertanya, Wahai Rasulullah apa pandanganmu jika saya bertepatan dengan malam Lailatul Qadar?. Beliaupun bersabada: "Berdoalah engkau dengan doa "اللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي " "Sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Memaafkan, menyukai memaafkan maka maafkanlah aku." (HR. Imam Ahmad)

  

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER