5 Rekomendasi Novel Karya Tere Liye, Sang Penulis Lintas Genre

29 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Kumpulan cover buku-buku karya Tere Liye. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Penikmat novel tanah air kemungkinan sudah tidak asing dengan nama Tere Liye. Penulis bernama asli Darwis ini tergolong cukup produktif lantaran telah menelurkan puluhan karya berupa novel, cerita pendek, buku puisi, hingga buku cerita anak-anak dalam satu dekade terakhir. 

Karya-karya Tere Liye terutama novelnya sangat digemari oleh pembaca dari berbagai kalangan. Tak heran jika novel-novel Tere Liye kerap menempati posisi best seller dan terus dicetak ulang lantaran peminatnya yang terus meningkat. 

Bagi kamu yang belum pernah membaca karya Tere Liye dan ingin mulai berkenalan dengan penulis serial Bumi ini, berikut sejumlah rekomendasi novel karyanya beserta sinopsis singkatnya. 

  • Tentang Kamu

Rekomendasi novel Tere Liye yang pertama yaitu Tentang Kamu. Novel yang pertama kali terbit pada 2016 ini merupakan salah satu novel best seller di Indonesia. 

Tentang Kamu bercerita tentang perjuangan Zaman Zulkarnaen, seorang pengacara muda yang ditugaskan untuk menangani kasus harta waris Sri Ningsih, seorang wanita kaya raya asal Indonesia berkebangsaan Inggris. Namun, Zaman menjumpai kesulitan dalam memecahkan permasalahan harta waris Sri Ningsih lantaran wanita itu tidak meninggalkan surat wasiat. 

  • Negeri Para Bedebah

Negeri Para Bedebah terbit pada tahun 2021, mengusung genre kriminal dengan tema perekonomian global, rekayasa keuangan, mafia hukum, dan hal-hal gelap lainnya. 

Cerita berpusat pada tokoh bernama Thomas, seorang konsultan keuangan profesional yang misterius. Suatu hari, Thomas dimintai tolong oleh pamannya, Liem Soerja, yang nyaris ditangkap polisi akibat tersandung masalah keuangan. Meski membenci Liem, Thomas akhirnya mau membantu pamannya itu. Usai kejadian tersebut, banyak pihak yang berusaha mengambil keuntungan dari kemalangan Liem, membuat Thomas harus memutar otak untuk menyelamatkan bisnis pamannya. 

  • Hujan

Novel Hujan yang terbit pada 2016 juga menjadi salah satu novel best seller di Indonesia. Hujan bercerita tentang pertemuan dua anak korban bencana gunung meletus, Esok dan Lail. Dikisahkan, letusan gunung berapi itu memusnahkan sebagian besar umat manusia dan hanya menyisakan sekitar 10 persen populasi di Bumi. Bersama-sama, Esok dan Lail berusaha melanjutkan hidup usai kejadian traumatis yang mereka lalui. 

  • Serial Bumi

Rekomendasi novel Tere Liye yang satu ini merupakan novel berseri yang mengusung genre fantasi. Serial Bumi menjadi salah satu seri novel yang paling laris di Indonesia. 

Novel ini bercerita tentang petualangan tiga sekawan, Raib, Seli, dan Ali, di dunia paralel. Masing-masing dari mereka memiliki kemampuan luar biasa yang menjadi bekal mereka dalam menjelajahi dunia paralel.

  • Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Rekomendasi novel Tere Liye selanjutnya yaitu Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Novel yang pertama kali terbit pada 2009 ini mengangkat tema seputar kehidupan beserta problematikanya. 

Novel ini mengisahkan kehidupan seorang anak bernama Ray yang mempunyai lima pertanyaan dalam hidupnya. Ray merupakan seorang anak yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan. Karena kerap mendapatkan perlakukan kurang menyenangkan dari pengurus panti, Ray memutuskan untuk kabur. Ray memulai kehidupan baru di luar panti dan berhasil menjadi orang kaya. Pada suatu titik di hidupnya, Ray jatuh sakit dan diingatkan kembali dengan lima pertanyaan dalam hidupnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR