Ragam Rumus Perkalian Excel untuk Olah Data

1 Feb 2024 16:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penggunaan Microsoft Excel. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah data yang dapat digunakan untuk keperluan perhitungan dasar hingga tingkat lanjut. Aplikasi ini memiliki banyak formula rumus yang dapat digunakan, salah satunya yakni rumus perkalian. 

Rumus perkalian Excel sangat berguna untuk mengolah data, sebab penghitungan tidak perlu dilakukan secara manual. Ada banyak ragam rumus perkalian pada Excel yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa di antaranya.

  • Rumus perkalian Excel sederhana

Mengaplikasikan rumus perkalian pada Excel pada dasarnya cukup sederhana yakni menggunakan simbol asterisk (*). 

Sebagai contoh, jika ingin mengalikan angka 10 dengan 5, maka rumus perkalian sederhana yang dapat dituliskan adalah =10*5. 

Rumus ini juga bisa diterapkan untuk mengalikan bilangan yang ada di dalam cell. Misalnya, jika ingin mengalikan angka yang ada di dalam cell A1 dan B1, maka rumus yang dapat dituliskan yakni =A1*B1. 

  • Perkalian dengan nilai konstanta

Rumus perkalian Excel satu ini dapat dilakukan jika ingin mengalikan data dengan nilai konstanta atau angka yang sifatnya tetap dan tidak berubah. 

Cara menggunakan rumus ini sangat mudah, cukup menambahkan simbol $ sebelum angka pengali. 

Misalnya, jika ingin mengalikan masing-masing angka pada kolom A2 hingga A5 dengan C2, rumus konstanta $ dapat digunakan yakni =A2*$C$2. Selanjutnya, rumus tersebut dapat diterapkan ke kolom lainnya dengan cara menyeret formula ke kolom selanjutnya. Dengan demikian, rumus perkalian tidak perlu dituliskan secara manual.

  • Perkalian Excel menggunakan persentase

Perkalian di Excel juga dapat dilakukan apabila bilangan yang dikalikan berbentuk persentase. Caranya sama saja dengan perkalian biasa yakni menggunakan tanda asterix (*). 

Jika angka tidak tertulis di cell, maka angka berupa persentase dapat diketik secara manual, misalnya =120*10%. 

  • Penggunaan formula PRODUCT

Rumus perkalian ini dapat membantu mengerjakan perkalian data dalam satu range sekaligus, baik yang berbentuk kolom maupun baris. 

Sebagai contoh, jika ingin mengalikan seluruh data yang terdapat pada cell A2 hingga A20, dapat digunakan formula =PRODUCT(A2:A6). Tanda (:) diartikan sebagai rentang data atau range dan bukan tanda bagi sebagaimana rumus dasar di Excel. 

  • Perkalian dengan mata uang

Perkalian di Excel juga dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang. Cara ini biasanya digunakan dalam konteks akuntansi dan laporan keuangan. 

Rumus perkalian dengan mata uang tak jauh berbeda dengan penghitungan sebelumnya. Caranya adalah dengan mengalikan nilai di cell berisi harga barang dengan jumlah barang menggunakan formula asterisk (*). 

Nah, itu dia informasi seputar berbagai rumus perkalian di Excel yang dapat membantu dalam pengolahan data. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER