Pengertian Sales, Jenis-jenis, beserta Istilah-istilah dalam Pekerjaannya

11 Apr 2023 15:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi transaksi bisnis di sebuah lembaga. Sumber: Pexel.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Sales merupakan bagian terpenting dari aktivitas penjualan dalam sebuah produk ataupun jasa. Biasanya dalam melakukan pekerjaan ini, ada beberapa tim yang memiliki berbagai peran. 

Lantas apa saja tanggung jawab dari sales? Dan bagaimana pengertiannya secara umum dan apa saja jenis-jenis pekerjaan dalam sales? Dari pada penasaran berikut adalah ulasan lengkapnya. 

Pengertian sales

Melansir laman hubspot.com, sales adalah sebuah aktivitas penjualan barang dan jasa yang memiliki tim yang bertanggung jawab dalam penjualan. Tim sales ini nantinya akan memetakan penjualan mereka. Target pelanggan menjadi salah satu kunci utama dalam proses penjualan.

Banyak dari kita yang masih menyangka bahwasanya sales dan marketing adalah pekerjaan yang sama, namun tahukah kamu bahwa keduanya berbeda. Sales dan marketing memang memiliki kesamaan yaitu sama-sama membicarakan tentang penjualan, namun secara proses keduanya tentu berbeda.

Istilah-istilah umum dalam sales

Setelah membahas tentang pengertian sales, berikut adalah istilah-istilah umum yang perlu kamu ketahui tentang Sales. 

  • Salesperson

Istilah umum pertama adalah salesperson. Pekerjaan utama dari salesperson adalah menjual barang, produk, dan jasa kepada pembeli. Mereka biasanya akan mencari tahu apa yang diinginkan pembeli. Pada sisi lain salesperson diharuskan untuk bisa mendapatkan pembeli baru dan juga para pembeli tersebut nantinya menjadi target langganan produk mereka. 

  • Prospek

Istilah kedua adalah prospek yang merujuk pada cara kerja yang digunakan salesperson dalam mendekati pelanggan, biasanya menggunakan email marketing, telepon, dan social selling.

Prospek bisa juga dikatakan sebagai tahapan setelah salesperson yang berhasil melakukan prospek terhadap pelanggan setelah deal. 

  • Deal

Deal merupakan istilah umum ketiga dalam Sales. Deal sendiri merupakan persetujuan antara harga beli dengan barang atau jasa yang dijual. Tujuannya agar proses penjualan dapat bekerja dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan menetapkan tujuan yang telah ditargetkan

  • Sales pipeline

Sales pipeline merupakan tahap dalam proses penjualan produk, barang, atau layanan. Pada tahap ini biasanya yang menjadi acuannya adalah diagram rencana sebuah tim penjualan.

  • Sales plan

Istilah ini mengacu pada gambaran jangka panjang dari sebuah tujuan, strategi, serta objektif dari tim sales dalam perusahaan. Mereka nantinya akan menyusun  target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, struktur tim, dan yang lainnya.

Jenis-jenis pekerjaan dalam Sales

  • Sales Administrative

Jenis pekerjaan pertama adalah Sales Administrative. Tugas mereka biasanya menjadi penghubung antara tim sales dan tim marketing.

  • Sales Management

Sales Management merupakan tim pemimpin dalam penjualan sebuah perusahaan, mereka nantinya akan menetapkan target dan menganalisis penjualan.

  • Sales Representative

Sales Representative merupakan tim dibawa Sales Management. Mereka menjadi tim dasar yang menjadi ujung tombak penjualan di sebuah perusahaan. 

  • Account Executive

Account Executive memiliki tugas atau pekerjaan yang dapat menciptakan relasi antara perusahaan dan klien serta memiliki tugas untuk mempertahankan relasi dengan klien.  

  • Executive-Level Management

Executive-Level Management merupakan jabatan tertinggi dalam dunia sales, orang yang menempati posisi ini biasanya memiliki pengalaman 10 tahun atau lebih di bidang penjualan.

Tugas mereka adalah menentukan dan mengarahkan tujuan penjualan dari sebuah perusahaan untuk jangka panjang.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER