Berapa Liter dalam Satu Galon? Ukuran Galon yang Beragam dan Standar Internasional

24 April 2024 19:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi - Galon air isi ulang. Sumber: ANTARA/HO.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah Anda pernah bertanya-tanya, berapa liter air yang terdapat dalam satu galon? Pertanyaan ini tampaknya masih menjadi misteri bagi banyak orang. Namun, kenyataannya adalah bahwa ukuran satu galon tidak selalu seragam atau tetap.

Di Indonesia, ukuran galon dapat bervariasi. Hal ini disebabkan oleh perbedaan definisi galon yang mungkin mengacu pada wadah besar untuk menyimpan air, seperti yang digunakan oleh perusahaan air minum.

Sebagai contoh, 1 galon Aqua diisi dengan 19 liter air. Sementara itu, galon Le Mineral berisi 15 liter, dan galon Cleo berisi 6 liter air minum. Perbedaannya cukup signifikan, bukan?

Namun, jika kita mengacu pada standar internasional, setidaknya ada dua ukuran galon yang umum digunakan di dunia, yaitu berdasarkan standar Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Menurut World Atlas, 1 galon AS berisi sekitar 3,78 liter air atau benda cair lainnya. Namun, satu galon berisi benda kering setara dengan sekitar 4,4 liter.

Ukuran galon AS ini berbeda dengan yang digunakan di Inggris, di mana satu galon Inggris mengandung sekitar 4,54 liter air. Ukuran galon Inggris ini didasarkan pada pengukuran suhu benda cair pada 17 derajat Celcius.

Setelah mengetahui berapa liter dalam satu galon, mari kita telaah sejarahnya. Mengutip Science Trends, istilah "galon" diyakini berasal dari bahasa Prancis Utara kuno, meskipun asal-usulnya tidak dapat ditelusuri dengan pasti.

Pada masa itu, ukuran galon digunakan untuk mengukur volume bir dan anggur. Penggunaan ukuran galon kemudian menyebar ke Inggris, meskipun Inggris memiliki ukuran galon yang berbeda untuk anggur mereka.

Inggris secara resmi menggunakan ukuran galonnya hingga tahun 1994. Setelah itu, pemerintah Inggris mulai mengadopsi liter sebagai satuan volume sesuai standar internasional.

Meskipun begitu, ukuran galon tetap digunakan sebagai unit ukuran sekunder hingga 30 September 1995. Pada tanggal tersebut, Inggris mengubah undang-undangnya untuk mengikuti standar internasional dengan menggunakan liter sebagai satuan volume yang resmi.

Saat ini di Inggris, satu galon setara dengan sekitar 4,54 liter atau kilogram air pada suhu 17 derajat Celcius.

AS juga merupakan salah satu negara yang menggunakan sistem pengukuran dengan berbagai ukuran, termasuk galon.

AS membedakan antara galon cair dan galon kering. Satu galon cair AS mengandung sekitar 3,78 liter, sementara satu galon kering AS setara dengan sekitar 4,4 liter.

Definisi ukuran galon

Galon adalah satuan ukuran standar internasional untuk benda cair, baik di Inggris maupun AS. Namun, perlu diingat bahwa kedua ukuran dari masing-masing negara memiliki kapasitas yang berbeda.

Ukuran galon terdiri dari beberapa liter. Liter sendiri adalah satuan volume dalam sistem pengukuran internasional, dengan satu liter setara dengan seribu centimeter kubik yang mengukur lebar, panjang, dan tinggi suatu benda.

Ukuran galon AS digunakan di AS dan beberapa negara lain seperti Kolombia, Republik Dominika, Belize, Liberia, Ekuador, Guatemala, El Salvador, Haití, Nikaragua, Perú, hingga Honduras.

Sementara itu, ukuran galon Inggris berlaku di negara-negara seperti British Virgin Islands, Kepulauan Cayman, Bahama, Antigua dan Barbuda, Dominika, Ramada, Montserrat, dan St. Lucia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR